Lahirkan Lulusan Berkualitas, Unas Berlakukan Kurikulum MBKM

- Senin, 20 Juni 2022 | 12:00 WIB
Wisuda Universitas Nasional, periode I tahun akademik 2021/2022 (SM/Dok)
Wisuda Universitas Nasional, periode I tahun akademik 2021/2022 (SM/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com  -Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang mampu beradaptasi dan bertransformasi serta cakap digital, harus dipenuhi. Karena itulah, Universitas Nasional (Unas) pun telah melakukan berbagai perubahan.

Antara lain, mendesain ulang kurikulum dengan memberlakukan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), OBE (Outcome Based Education) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti).

"Pada kurikulum MBKM ini, mahasiswa diberi kebebasan untuk belajar di luar program studinya selama tiga semester," ujar Rektor Universitas Nasional, El Amry Bermawi Putera dalam sambutan acara wisuda Universitas Nasional, periode I tahun akademik 2021/2022 di JCC pada Minggu, 19 Juni 2022.

Sehingga, lanjut Rektor Unas, mahasiswa dapat mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui dinamika lapangan.

Kurikulum yang diberlakukan, kata Rektor Unas ini, bertujuan untuk melahirkan lulusan yang berkualitas, terampil dan kompeten serta dapat memenuhi tuntutan arus perubahan dan kebutuhan industri.

"Oleh karena itu, Universitas Nasional juga telah membuat program khusus guna menyiapkan mahasiswa dalam dunia kerja dan pengembangan keilmuan. Merancang dan  melaksanakan  proses pembelajaran yang inovatif," katanya.

Pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022, mahasiswa Universitas Nasional telah mengikuti program MBKM yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia maupun Universitas Nasional.

Di antaranya adalah 108 mahasiswa dari berbagai program studi yang mengikuti magang dan studi independen bersertifikat di perusahaan mitra dari program MBKM Kemendikbudristek.

Selanjutnya, lima mahasiswa mengikuti Indonesia International Mobility Awards (IISMA), tiga mahasiswa dari program studi (prodi) Akuntansi mengikuti Kampus Mengajar, dan 97 mahasiswa dari berbagai prodi mengikuti Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI).

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Kado Istimewa, Uhamka dapat Akreditasi Unggul

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:51 WIB
X