Forum Kerja Sama Perguruan Tinggi Prancis dan Indonesia ke-12 dibuka di Valenciennes

- Jumat, 1 Juli 2022 | 20:42 WIB
Rektor UNS, Jamal Wiwoho bersama Dirjen Diktiristek, Nizam saat  menghadiri forum kerja sama 12th Joint Working Group (JWG) on Higher Education, Reaseach, Innovayion and Entrepreneurship di Valenciennes, Prancis (SM/Dok)
Rektor UNS, Jamal Wiwoho bersama Dirjen Diktiristek, Nizam saat menghadiri forum kerja sama 12th Joint Working Group (JWG) on Higher Education, Reaseach, Innovayion and Entrepreneurship di Valenciennes, Prancis (SM/Dok)

PRANCIS, suaramerdeka-jakarta.com - Selama dua hari, yakni 28-29 Juni 2022 para pimpinan perguruan tinggi Indonesia dan Prancis menghadiri forum kerja sama 12th Joint Working Group (JWG) on Higher Education, Reaseach, Innovayion and Entrepreneurship di Valenciennes, Prancis.

Sebuah forum yang membahas kerja sama dalam bidang pendidikan tinggi, riset, inovasi dan kewirausahaan. Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Prancis di Universitas Poytechnique Hauters De France (UPHF).

Dari Indonesia hadir dalam pertemuan tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam, Kepala Badan Riset dan Inovasi Indonesia (BRIN), Laksana Tri Handoko, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Warsito, Sekretaris Ditjen Diktiristek, Tjitji Tjahjandari, Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemendikbudristek, Faizal Fathani.

Selain itu, para pimpinan perguruan tinggi di Indonesia, antara lain Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Jamal Wiwoho, Rektor  Universitas Sumatera Utara, Maryanto Amin, Rektor Universitas Andalas, Yuliandri.

Rektor Universitas Negeri Padang, Ganepri, Rektor Universitas Trisakti, Kadarsah Suryadi, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Gunawan Budiyanto dan beberapa pimpinan perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta.

Nizam mengatakan bahwa riset dan inovasi bagi perguruan tinggi kini dan masa yang akan datang terus didorong agar daya saing lulusan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta pendidikan stata satu maupun diploma atau pendidikan vokasional terus kompetitif sesuai dengan dinamika dan kebutuhan dunia industri dan dunia usaha.

Sedangkan Laksana Tri Handoko menyambut baik adanya join riset, inovasi antara berbagai perguruan tinggi Indonesia dengan perguruan tinggi di Eropa khususnya dengan Prancis.

Sementara itu, Rektor UNS, Jamal Wiwoho yang hadir langsung dalam forum itu secara khusus mengatakan bahwa ada 10 besar perguruan tinggi di Indonesia yang sudah bekerja sama dalam bidang pendidikan, riset dan inovasi dengan perguruan tinggi di Prancis antara lain ITB, UNS,  ITS, UGM, UI,IPB, UNDIP, UNAIR, UAP dan Binus.

Di mana terdapat 587 dokumen kerja sama  perguruan tinggi Indonesia Prancis dan secara khusus UNS Solo memiliki 17 total dokumen kerja sama dengan universitas di Prancis.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Mengenal 5 Prodi Andalan BRI Institute

Jumat, 2 September 2022 | 17:32 WIB
X