Keberadaan Perpustakaan Nasional Sangat Penting

- Senin, 4 Juli 2022 | 15:19 WIB

SLEMAN,DIY,suaramerdeka-jakarta.com-

—Batik merupakan salah satu komoditas budaya unggulan dari Indonesia. Semua daerah di Tanah Air memiliki corak khas (motif) batik tertentu, termasuk di Kabupaten Sleman.

Membatik bahkan secara khusus sudah menjadi program pengembangan perpustakaan di seluruh kalurahan Sleman.


Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan apa yang dilakukan pihaknya semata-mata ingin mengangkat batik lokal agar dikenal secara global.

Baca Juga: Subvarian Omicron Mulai Meningkat, Jokowi Akan Terapkan Vaksin Booster Syarat Masuk Mal dan Perjalanan

“Kami meyakini kalau batik bisa membantu kesejahteraan masyarakat dan perekonomian masyarakat bergerak,” urai Kustini pada roadshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Kab. Sleman, Senin, (04/07/2022).


Program Rintisan Kalurahan Gemar Membaca (RKGM) Kab. Sleman menitikberatkan, antara lain (1) setiap kalurahan memiliki pengelola perpustakaan, (2) mandiri dalam pengelolaan informasi di perpustakaan kalurahannya,

(3) kebijakan-kebijakan lurah dan perangkatnya mendukung pengembangan perpustakaan, (4) pengelolaan perpustakaan sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Kelurahan, dan (5) mempunyai rintisan kegiatan pengembangan melalui membatik, mulai dari pelatihan hingga menentukan motif/corak.

Baca Juga: Pengamat Nilai Keributan Soal Klaim Jokowi Karena Persepsi

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X