Jadi Tuan Rumah, Kompetisi Olimpiade Informatika Internasional Siap Digelar

- Rabu, 20 Juli 2022 | 18:15 WIB
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti (tengah) saat  menghadiri Taklimat Media di Jakarta pada Rabu, 20 Juli 2022 (SM/Prajtna Lydiasari)
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti (tengah) saat menghadiri Taklimat Media di Jakarta pada Rabu, 20 Juli 2022 (SM/Prajtna Lydiasari)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Kompetisi internasional paling bergengsi di bidang informatika untuk siswa sekolah menengah dan sekolah menengah atas (SMA) siap digelar. Tahun 2022, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34.

Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada tanggal 7-15 Agustus 2022.

Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti menyampaikan bahwa tim penyelenggara IOI 2022 telah melakukan berbagai koordinasi.

"Mulai dari lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk membantu dalam persiapan kedatangan para peserta dari luar negeri yang diperkirakan mencapai 360 peserta dari 89 tim dan 72 di antaranya akan hadir langsung ke Indonesia," ujar Suharti dalam Taklimat Media di Jakarta pada Rabu, 20 Juli 2022.

Kesuksesan perhelatan IOI ke-34, lanjut Suharti, akan dibuktikan dari hasil kolaborasi pemerintah pusat, daerah, swasta dan juga Media. Di mana, tim panitia penyelenggara IOI 2022 juga mendapat sambutan baik dan dukungan yang luar biasa dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Melalui berbagai satuan perangkat kerja daerah yang terkait. Kami ucapkan terima kasih atas dukungan tersebut," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Host Organizing Committee sekaligus Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia, Brian Marshal, mengatakan bahwa setelah dua tahun berturut-turut digelar secara daring karena pandemi Covid-19, IOI 2022 di Indonesia akan menjadi kompetisi pertama yang diselenggarakan secara hibrida (daring dan luring).

"Alumni dan Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) melalui wadah Ikatan Alumni (IA) TOKI merasa senang dan bangga dapat berkontribusi dan berkolaborasi dengan Kemendikbudristek dalam penyelenggaraan IOI 2022. IOI yang pertama kali dilakukan secara hibrida ini kemungkinan melibatkan tim dan peserta terbanyak sepanjang sejarah," kata Brian.

Brian mengungkapkan bahwa Indonesia sendiri telah mengikuti ajang kompetisi ini sejak tahun 1995 dan beberapa kali meraih kejuaraan serta mengumpulkan banyak medali dalam kompetisi ini.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X