Hilirisasi Riset, Unggulan Prof Dr Apt Syamsudin, Sebagai Dekan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila

- Rabu, 20 Juli 2022 | 22:21 WIB
Prof Dr apt Syamsudin, M.Biomed, Dekan Fakultät Farmasi Universitas Pancasila bersama civitas academica FF UP bergamber usai pelantikan (Tresnawati/Suara Merdeka)
Prof Dr apt Syamsudin, M.Biomed, Dekan Fakultät Farmasi Universitas Pancasila bersama civitas academica FF UP bergamber usai pelantikan (Tresnawati/Suara Merdeka)

DEPOK, suaramerdeka-jakarta.com – Hilirisasi hasil riset akan menjadi program kerja unggulan Prof Dr apt Syamsudin, M Biomed, setelah dilantik sebagai Dekan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila periode 2022 - 2026.

Bertempat di aula Nusantara Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Syamsudin dilantik bersama sejumlah pejabat lain di lingkungan kampus. ,

Menjawab pertanyaan wartawan usai pelantikan, Syamsudin akan fokus pada pemantapan tata Kelola, sehingga mampu mempertahankan akreditas yang kini dimiliki. Terus meningkatkan kualitas, tidak hanya ditingkat nasional namun juga internasional.

‘’Program kerja kedua adalah hilirisasi hasil riset. Dalam hal ini kami bekerjasama dengan Nucleus Farma, sehingga hasil riset tidak hanya berupa publikasi tetapi sudah berupa hilirisasi,’’ katanya.

Baca Juga: Rumah Telanjang

Pihaknya akan lebih berfokus pada pengembangan bahan baku Fukoidan yang berasal dari rumput laut coklat atau Sargassum. Indonesia merupakan megadiversiti rumput laut yang melimpah. Sayang selama ini belum mampu mengembangkan bahan baku Fukoidan dari rumput laut ini.

Padahal, Fukoidan memiliki banyak manfaat, antara lain untuk mengatasi masalah kardiovaskuler, sebagai anti platelet, dislipidemia, serta anti tukak.

Selain hilirisasi hasil riset, Syamsudin juga terus mengembangkan Kerjasama dengan Lembaga baik di dalam maupun luar negeri. Yang terdekat adalah kerjasama dengan University of Berkeley.

‘’Kerjasama dengan University of Berkeley nanti akan lebih mengarah pada drug delivery system, yang saat ini belum bisa diproduksi Indonesia. Misalnya alat nebulizer yang sangat dibutuhkan oleh penderita asma saat menggunakan obat anti asmanya,’’ terangnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Mengenal 5 Prodi Andalan BRI Institute

Jumat, 2 September 2022 | 17:32 WIB
X