Poltekpel Banten Dirikan SDGs Centre

- Selasa, 26 Juli 2022 | 21:37 WIB



JAKARTA.suaramerdeka-Jakarta.com- Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia. Hal ini juga menjadi komitmen Presiden Republik Indonesia dalam rangka pembangunan berkelanjutan demi Indonesia yang lebih adil dan sejahtera.

Guna mewujudkan hal tersebut, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Poltekpel Banten mendirikan Sustainable Development Goals (SDGs) Centre yang diresmikan oleh Kepala BPSDMP DR Djoko Sasono pada hari ini (25/7) bertempat di Swiss-Belinn Kemayoran Jakarta.

Pada peresmian, Ia menyampaikan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mendorong agar Kementerian Perhubungan untuk turut mensukseskan Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh sub sektor diminta untuk mengembangkan transportasi yang memanfaatkan teknologi dengan prinsip berkelanjutan (sustainable) dengan mengadopsi konsep Smart City, Green City dan Sustainable City.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Melambung, PELNI Lihat Peluang Kenaikkan Penumpang

“Dalam bidang Pendidikan dan Pelatihan SDM Transportasi, Menteri Perhubungan juga terus mendorong kampus BPSDMP untuk mensukseskan SDGs dengan menciptakan inovasi Program Pendidikan dan Pelatihan SDM Transportasi sesuai dengan Target nomor 4 dalam SDGs yaitu Penyediaan Pendidikan yang berkualitas,” ungkapnya.

Untuk itu, Ia mengapresiasi Poltekpel Banten sebagai kampus BPSDMP pertama yang memiliki SDGs Centre.

“Saya selaku Kepala BPSDMP mendorong Perguruan Tinggi lain di lingkungan BPSDM Perhubungan melakukan benchmarking ke Poktekpel Banten dan melakukan hal yang sama sehingga tujuan SDGs dapat dicapai dan disukseskan melalui penyediaan Pendidikan dan Pelatihan Transportasi yang berkualitas dengan mengedepankan prinsip tujuan pembangunan berkelanjutan demi meningkatkan kualitas hidup setiap generasi,” ungkapnya.

Baca Juga: DAMRI Hadirkan Layanan Bandara Komodo – Labuan Bajo



Direktur Poltekpel Banten, Heru Widada M.M menyampaikan sebagai perguruan tinggi vokasi kedinasan yang unggul dan berstandar Internasional di bawah naungan BPSDMP, Poltekpel Banten berkomitmen mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau SDGs khususnya dalam sektor Maritim, sekaligus menjadi katalisator bagi perguruan tinggi kedinasan lain di Indonesia untuk turut menyukseskan SDGs 2030.

“Harapan kami, SDGs Center ini nantinya bukan hanya unggul di tataran konsep, melainkan pada tataran implementasi melalui program Mata Kuliah Wajib (mandatory) tentang kepedulian lingkungan dan pencegahan pencemaran laut. Hal ini juga sejalan dengan kurikulum Internasional STCW (Standards of Training, Certifitation and Watchkeeping) Amandemen Manila 2010,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara peresmian sekaligus Forum Group Discussion malam ini, yaitu  Division of Convergence on Marine Science, Korea Maritime & Ocean University, Professor Sun-Young Lim, Kepala Sekretariat Nasional SDGs dan Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/BAPPENAS).

Baca Juga: Presiden Jokowi & Presiden Xi Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi hingga Isu Kawasan dan Dunia

Selain itu ada pula Dr. Vivi Yulaswati, M.Sc., Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Norimasa Shimomura, Direktur Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup Kementerian Luar Negeri, Hari Prabowo, Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt. A. Arif Priadi, M. Sc., Para Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan dan Para Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan BPSDM Perhubungan.
***

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Paramita Rusadi Meriahkah HUT Himpaudi

Selasa, 13 September 2022 | 05:53 WIB

Solidaritas Mahasiswa Teknik Mesin Tinggi

Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:39 WIB

Poltekpel Banten Dirikan SDGs Centre

Selasa, 26 Juli 2022 | 21:37 WIB
X