Penguasaan Ilmu Sains Hal Dasar bagi Kemajuan Teknologi Indonesia

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 18:52 WIB
Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Muhammad Hasbi (SM/Dok)
Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Muhammad Hasbi (SM/Dok)

TANGERANGsuaramerdeka-jakarta.com - Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022 untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) merupakan generasi emas bagi masa depan bangsa Indonesia untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Hal tersebut disampaikan Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Muhammad Hasbi.

Untuk itu, Kemendikbudristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah sukses menyelenggarakan ajang OSN tahun 2022. Menurutnya, penguasan ilmu sains merupakan hal dasar bagi kemajuan teknologi Indonesia. 

"Terus berjuang, bersemangat belajar dan jadilah pribadi-pribadi tangguh yang memiliki ahlak luhur dan mulia. Teruslah berkarya dalam bidang sains, manfaatkanlah diri kalian masing-masing," ujar Muhammad Hasbi saat menutup secara resmi OSN 2022 di Tangerang pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

Dengan menjadi tutor, lanjut Hasbi, sebaya bagi teman-teman kalian di daerah atau dengan cara yang lainnya. "Bantulah teman-teman kalian dalam memahami sains tanpa harus membebani diri kalian," terangnya.

Hasbi berharap ajang OSN menjadi wadah silaturahmi seluruh siswa peserta dari wilayah Indonesia yang beraneka ragam.

"Sesuai semboyan kita Bhinneka Tunggal Ika, berbeda tapi tetap satu jua. Jangan kita lupakan semboyan dari para pendiri bangsa, tapi terus kita pelihara sehingga Indonesia kuat dan kokoh dalam menghadapi segala tantangan maupun cobaan," pungkasnya.

"Kalian semua adalah kado terindah bagi Indonesia di hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 77 tahun, yang sama-sama akan kita rayakan pada tanggal 17 Agustus 2022 nanti," ucapnya.

Senada dengan Direktur SD, Kepala BPTI sekaligus Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi menyampaikan OSN 2022 tidak hanya memupuk prestasi akademik siswa saja melainkan juga menanamkan karakter luhur Pancasila. 

"Kita ingin memupuk kecerdasan dan juga menanamkan karakter Pelajar Pancasila menjadi bagian dari Manajemen Telenta Nasional," kata Asep Sukmayadi. 

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Program Sekolah Swasta Gratis Diharap Terus Berjalan

Minggu, 18 September 2022 | 20:31 WIB

Ridwan Kamil Inisiasi Piala Gubernur Pelajar Juara

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:18 WIB

Inilah Tiga Evaluasi P2G Seminggu PTM 100 Persen

Kamis, 13 Januari 2022 | 21:38 WIB
X