Catat! Ini Tips Masuk Universitas Terbaik Dunia oleh Crimson Education

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:02 WIB
Konferensi Pers Crimson Education di Jakarta Selatan, Rabu 10 Agustus 2022
Konferensi Pers Crimson Education di Jakarta Selatan, Rabu 10 Agustus 2022

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Setelah mengemban ilmu selama 12 tahun, tahap selanjutnya yang diambil oleh pelajar Indonesia adalah mendaftarkan diri ke perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Harapan para siswa adalah mereka dapat diterima di universitas terbaik pilihan mereka.

Tidak sedikit calon mahasiswa baru yang berkeinginan untuk masuk ke universitas ternama di dunia, seperti Ivy League yang terdiri dari delapan universitas terbaik Amerika Serikat, atau Oxford, Cambridge dan universitas terkemuka dunia lainnya.

Tentu saja, persaingan untuk belajar di universitas-universitas tersebut sangatlah sengit. Menurut Country Director Crimson Education Indonesia, Vanya Susanto, jumlah pendaftar meningkat drastis. Sebagai contoh, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di Universitas Harvard meningkat hingga 43 persen, yaitu 17.000 pendaftar tambahan, dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Daftar Bersama ke KPU, KIB Miliki Semangat yang Sama

Vanya menyatakan jumlah pendaftar sangat memengaruhi kesempatan penerimaan calon mahasiswa di universitas-universitas terkait. “Persaingan menjadi jauh lebih ketat dan menampilkan profil yang menonjol di formulir pendaftaran menjadi lebih penting dari sebelumnya,” jelasnya.

Selain itu, peluang pelajar Asia Tenggara, termasuk Indonesia, terbilang kecil karena universitas top dunia umumnya hanya memberikan kuota sekitar 10 persen untuk mahasiswa internasional.

Oleh karena itu, Crimson Education sebagai institusi yang memandu siswa dalam strategi pendaftaran, memberikan beberapa tips bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri.

Baca Juga: Oscar Lawalata Datang, Festival Aku dan Kain Menjelang.

Crimson Education menyarankan siswa untuk mempersiapkan diri dari jauh hari, sebaiknya siswa sudah mulai merencanakan studi ke luar negeri tiga tahun sebelum pendaftaran, yaitu saat duduk di bangku kelas 9 SMP. Dengan begitu, konsultan pendidikan tinggi seperti Crimson bisa membentuk rencana khusus bagi pelajar tersebut.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Konferensi Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal 5 Prodi Andalan BRI Institute

Jumat, 2 September 2022 | 17:32 WIB
X