Jawab Kebutuhan SDM Terampil, ITPLN Luncurkan 6 Prodi Baru Serentak

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:39 WIB
Acara peresmian 6 prodi baru ITPLN pada Selasa (16/8) (Dok: ITPLN)
Acara peresmian 6 prodi baru ITPLN pada Selasa (16/8) (Dok: ITPLN)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Perkembangan zaman saat ini membutuhkan dukungan dari sektor energi berkelanjutan. Untuk menjawab tantangan itu, Institut Teknologi PLN (ITPLN) meresmikan 6 (enam) program studi baru dari 4 fakultas yang ada. Acara peluncuran berlangsung Selasa, 16 Agustus 2022 di Ruang Teater Pembangkit, Lt. 2 ITPLN.

Acara tersebut dihadiri antara lain oleh Kepala LLDIKTI III; Paristiyanti Nurwardani, Ketua harian YPK PLN; Djoko Paryoto, Rektor ITPLN Prof Iwa Garniwa beserta jajarannya, Dirut PLN Enjiniring Bapak Didik Sudarmani, GM PT PLN Pusertif Bapak Septa Hamid, GM PLN Puslitbang Bapak Iswan Prahastono, EVP HCM PT Haleyora Power Ibu Ati Sri Suryati, Manager PLN UP3 Bapak Faisal Risa, Perwakilan PT PLN Pusdiklat Bapak Budi, serta sivitas akademika ITPLN yang menyaksikan secara daring melalui youtube ITPLN.

Dalam sambutannya, Ketua harian YPK PLN Djoko Paryoto menyampaikan harapan kepada program-program studi yang baru diresmikan. “Selamat kepada sivitas akademika ITPLN, semoga program studi baru ini dapat membawa manfaat untuk bangsa Indonesia,” ucap Djoko.

Baca Juga: 25 Referensi Ucapan Kemerdekaan 17 Agustus 2022 Bahasa Indonesia-Inggris

Sementara itu, Kepala LLDIKTI III Paristiyanti Nurwardani menyebut peresmian ini sebagai momen bersejarah, karena untuk pertama kalinya 6 program studi baru diluncurkan dalam waktu bersamaan. Ini membuktikan bahwa ITPLN memang perguruan tinggi yang unggul dalam bidang energi.

Ia juga menilai keenam program studi yang baru diluncurkan ini merupakan program studi spesial, karena spesifik dalam bidang teknik ketenagalistrikan atau energi terbarukan.

“Keenam program studi ini merupakan bukti kuatnya ITPLN dalam bidang ketenagalistrikan, dan dengan adanya program studi baru ini dapat menjadi magnet bagi ITPLN untuk kedepannya menciptakan tenaga-tenaga terampil di bidang teknik ketenagalistrikan dan energi terbarukan," ujar Paristiyanti.

Baca Juga: PDIP Gelar Pawai Kirab Sebelum Upacara HUT ke-77 RI

Sementara Rektor ITPLN Prof. Iwa menyampaikan, prodi baru ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan tenaga terampil di masa mendatang. Ia memprediksi kebutuhan tenaga terampil di bidang ini akan mencapai 15.000 orang pertahun.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gandeng IKCS, President University Gelar Korea Edufair

Selasa, 8 November 2022 | 19:18 WIB
X