Paling Prospektif di Era Digital, Geomatika Bisa Jadi Pilihan

- Senin, 5 September 2022 | 14:02 WIB

CIMAHI, jakarta.suaramerdeka.com - Pemilihan jurusan di perguruan tinggi tak ada salahnya diimbangi diimbangi pemikiran proyeksi ke depan terutama karir terlebih di era digital.

Salah satunya jurusan geomatika alias pemetaan yang dinilai mempunyai prospek menjanjikan. Pasalnya, di era digital, banyak pengembang yang membangun aplikasi yang menyertakan fitur pemetaan.

Di antaranya aplikasi untuk pengiriman logistik, antarbarang dan penumpang serta lainnya hingga pembangunan yang berkaitan dengan pengukuran tanah. Meski demikian, jurusan geomatika disebut-sebut belum banyak dibuka perguruan tinggi.

Menurut Dekan Fakultas Teknik Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Cimahi, Dr Ferry Rusgiyarto, jurusan geomatika memang menjadi salah satu jurusan yang sangat prospektif. Kehadirannya, cukup jadi atensi dunia industri.

Baca Juga: Pendaftaran Pahlawan Digital UMKM 2022 Resmi Dibuka, Jadilah Bagian untuk Bantu UMKM Naik Kelas

"Sekarang ini semua orang butuh pemetaan. Sekarang saja banyak dipakai di masyarakat dengan mengunakan aplikasi. Seperti untuk pemesanan makanan dari rumah, itu akan mengandalkan peta digital, untuk lokasinya hingga pengantarannya. Tentu ini membutuhkan SDM yang benar benar paham dalam bidang pemetaan melalui geomatika," kata Ferry dalam keterangannya, Senin (5/9/2022).

Dengan keunggulan tersebut, jelasnya, SDM yang mempunyai geomatika sangat dibutuhkan. Tak hanya sekadar memenuhi kebutuhan instansi pemerintah, BUMN dan BUMD, perusahaan, mereka juga bisa mandiri menjadi wirausaha dengan membuka jasa layanan konsultasi pemetaan misalnya.

"Potensinya sangat besar, baik untuk masuk pada dunia kerja di industri maupun instansi pemerintah," jelasnya.

Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi Digital Harus Dilandasi Nilai-Nilai Pancasila

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gandeng IKCS, President University Gelar Korea Edufair

Selasa, 8 November 2022 | 19:18 WIB
X