Prodi Sistem Informasi Akuntansi Pilihan Tepat Dalam Berkarier

- Jumat, 9 September 2022 | 13:45 WIB
Banyak alumni Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI berkarier di berbagai bidang usaha (Dok: Universitas BSI)
Banyak alumni Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI berkarier di berbagai bidang usaha (Dok: Universitas BSI)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Dunia usaha atau dunia bisnis tidak akan pernah bisa lepas dari kebutuhan program aplikasi bisnis yang khusus digunakan untuk mengelola data bisnis, hingga menghasilkan informasi keuangan yang dibutuhkan para pembuat keputusan (decision maker).

Dengan informasi keuangan yang berkualitas (akurat, tepat waktu dan relevan) para pembuat keputusan akan dengan cepat dapat mengambil keputusan bisnis yang cepat dan tepat pula dalam mengelola bisnis.

Aplikasi bisnis yang khusus dalam mengelola keuangan perusahaan memang banyak di pasaran, mulai dari produk lokal hingga luar. Tetapi, belum tentu semua modul yang ada dalam aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Sejumlah Agenda Olahraga Dibatalkan Termasuk Liga Inggris Usai Ratu Elizabeth II Mangkat

Karenanya, alternatif lain yang tepat adalah dengan membangun dan mengembangkan sendiri program aplikasi keuangan yang sesuai persis dengan kebutuhan setiap perusahan tanpa keluar dari prinsip dan kaidah dalam akuntansi.

Pada akhirnya, bisa dipastikan program aplikasi yang dibangun sendiri (End User Computing) akan memiliki utilitas yang tinggi. Semua itu hanya bisa dilakukan oleh SDM (sumber daya manusia) yang mengerti dan tahu dalam bidang pemrograman komputer sekaligus kompeten dalam bidang akuntansi.

Menurut Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Adi Supriyatna, mengatakan, SDM yang memiliki kompetensi yang dimaksud adalah alumni dari sebuah prodi yang memang sudah dibekali kompetensi tersebut.

Baca Juga: Permudah Akses Layanan Perbankan, Bank DKI Siap Dukung JAKHABITAT DP Nol Rupiah

“Belum banyak memang perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi tersebut. Tetapi ada beberapa perguruan tinggi yang telah menyiapkan pilihan tersebut,” ujar Adi, Kamis (8/9).

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gandeng IKCS, President University Gelar Korea Edufair

Selasa, 8 November 2022 | 19:18 WIB
X