Peningkatan Pelayanan Publik Perlu terus Ditingkatkan

- Rabu, 14 September 2022 | 22:18 WIB
Kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) (SM/Prajtna Lydiasari )
Kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) (SM/Prajtna Lydiasari )

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam menekankan tentang pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik dan penguatan akuntabilitas kinerja. Pelayanan publik di lingkungan Ditjen Diktiristek berorientasi pada hasil dan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan masyarakat.

"Peningkatan pelayanan publik perlu terus ditingkatkan agar tidak sekadar fokus pada proses yang justru memperpanjang birokrasi pelayanan, tetapi sebisa mungkin layanan yang diberikan mampu bergerak secara efisien dan mudah bagi masyarakat," tekannya di Jakarta pada Rabu, 14 September 2022.

Prinsipnya, lanjut Nizam, yang mudah jangan dipersulit, yang sulit harus jadi lebih mudah. Selain itu, layanan harus inklusif non diskriminatif, tidak membedakan siapa yang dilayani.

"Seluruh bentuk layanan Ditjen Diktiristek tidak berbayar, sehingga kalau ada yang minta bayaran segera laporkan melalui kanal lapor.kemdikbud.go.id," tuturnya.

Terkait dengan pengembangan integritas dan akuntabilitas kinerja di lingkungan Ditjen Diktiristek dan perguruan tinggi, Nizam mengingatkan bahwa tanggung jawab mencetak sumber daya manusia professional harus diselenggarakan secara akuntabel dan bertanggung jawab.

"Pendidikan tinggi dipercaya untuk membangun sumber daya manusia  professional yang memiliki knowledge, skill dan attitude," tegasnya.

Nizam menjelaskan bawa attitude menjadi catatan penting dalam mewujudkan akuntabilitas penyelenggaran pendidikan tinggi. "Karakter dan integritas merupakan kunci untuk pelaksanaan kebijakan zona integritas (ZI) di lingkungan pendidikan tinggi," jelasnya.

Indikasi keberhasilan pengembangan ZI adalah terbangunannya kepercayaan publik, sehingga publik perlu mengetahui kebijakan ZI. Oleh karena itu, SLA seluruh jenis dan standar layanan perlu dikonsultasikan ke publik melalui Forum Konsultasi Publik (FKP).

FKP merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pelayanan publik yang efektif, efisien cepat, tepat, mudah, murah, dan professional. Hal ini ditempuh dengan membangun layanan publik yang mengakomodasi aspirasi dan evaluasi publik serta melibatkan seluruh komponen di Dikdaya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pancasila Membumi di Universitas Pancasila

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:16 WIB
X