Kuliah Umum STIT Al Hikmah, Wamenag: Kemenag Serius Kembangkan Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren

- Jumat, 16 September 2022 | 20:39 WIB

BREBES,suaramerdeka-jakarta.com --- Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan bahwa Kementerian Agama saat ini sedang mengembangkan secara serius perguruan tinggi berbasis pondok pesantren.

Penegasan ini disampaikan Wamenag saat memberikan ceramah pada stadium general sekaligus pembukaan perkuliahan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al Hikmah 1, Benda, Sirampog, Brebes.

Hadir. Ketua Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al-Hikmah 1, KH. Labib Shodiq, Ketua STIT Al Hikmah Benda Sirampog, KH. Mukhlis Syafiq, Lc., M.SI beserta segenap civitas akademika, serta para mahasiswa STIT Al-Hikmah.

Baca Juga: Saparan Apem Yaa Qowiyyu, Inovasi Strategi Dakwah Kyahi Ageng Gribig

“Perguruan tinggi berbasis pondok pesantren dalam perkembangan terakhir ini amat relevan dengan kebutuhan masyarakat. Model pendidikan berasrama di mana antara santri, kyai, ustaz, dan komponen lain hidup bersama selama 24 jam dalam satu lingkungan pendidikan yang menyatu,” tegas Wamenag di Brebes, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya, masyarakat masa kini banyak berharap, akan lahirnya profil guru agama yang mempunyai dua kompetensi sekaligus, yaitu: kompetensi keagamaan (tafaqquh fiddin) dan kompetensi profesional.

 

Mer

eka adalah guru yang mampu menjadikan kitab kuning sebagai rujukan utama pendidikan agama Islam dan dipadukan dengan keilmuan modern. Profil guru yang mampu menyeimbangkan antara nilai-nilai global dan nilai-nilai lokal.

Baca Juga: KemenkopUKM: Program Solusi Nelayan Perkuat Ekosistem Usaha Hulu-Hilir Perikanan

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X