Program Sekolah Swasta Gratis Diharap Terus Berjalan

- Minggu, 18 September 2022 | 20:31 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada sejumlah siswa di Semarang. (Istimewa)
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada sejumlah siswa di Semarang. (Istimewa)

SEMARANG, suaramerdeka-jakarta.com - Program sekolah swasta gratis diminta agar terus berjalan. Sebab, program ini membantu sekolah swasta yang muridnya sedikit.

"Pak Wali (Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi-red), program ini harus terus berjalan dan terus tambah sekolah swasta gratis," kata Ketua DPR RI Puan Maharani di SMP 2 Muhamadiyah Semarang, Minggu (18/9).

Hal itu disampailannya saat menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada sejumlah siswa di Semarang. Menurutnya, sangat penting bila semua anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan pendidikan.
 
"Semua anak Indonesia harus bisa bersekolah. Tidak boleh ada yang tidak sekolah karena hambatan biaya," ujarnya.

Dikatakan, baik itu tingkat SD, SMP, SMA/SMK, anak-anak harus bisa bersekolah. Dimana disinilah negara hadir.

"Kepala sekolah yang hadir jangan mempersulit anak-anak kurang mampu saat hendak sekolah. Apalagi dengan berbagai kebijakan yang memberatkan," tandasnya.

Solusi
Sebaliknya, jika ada anak yang kesulitan, justru harus dicarikan solusinya. Sehingga, jangan sampai siswa tidak boleh hadir karena tidak punya baju seragam

"Saya meminta Pemkot Semarang terus memperhatikan fasilitas maupun sarana prasarana sekolah. Masyarakat diminta melapor apabila menemukan kendala, sehingga para wakil rakyat bersama pemerintah bisa bekerja memenuhi kebutuhan anak-anak sekolah," tegasnya.

Selain itu, jangan sampai sekolah gratisnya sudah tersedia, tapi anak didiknya tidak bisa sekolah. Hal itu karena sarana penunjangnya tidak memadai.

"Saya beberapa kali muter-muter ke daerah sekolah gratisnya ada, tapi gedung sekolahnya kebanjiran terus. Jadi anaknya tidak bisa sekolah, akhirnya saya bawa truk batu untuk menguruk sekolah itu supaya tidak banjir," tuturnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

SMKN 8 Surakarta Jadi Wajah Seni Pertunjukan Indonesia

Selasa, 20 Desember 2022 | 09:06 WIB

Sekolah Perlu Kolaborasi

Minggu, 9 Oktober 2022 | 19:47 WIB

Program Sekolah Swasta Gratis Diharap Terus Berjalan

Minggu, 18 September 2022 | 20:31 WIB
X