359 Pelajar Ikuti Kompetisi Roket Air Regional 2022

- Minggu, 25 September 2022 | 19:06 WIB
kompetisi Roket Air Regional (KRAR) Jabodetabek dan Banten (SM/Dok)
kompetisi Roket Air Regional (KRAR) Jabodetabek dan Banten (SM/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Sebanyak 359 orang pelajar yang berasal dari 109 sekolah tingkat dasar hingga menengah atas mengikuti kompetisi Roket Air Regional (KRAR) Jabodetabek dan Banten pada 24-25 September 2022 di gedung Indonesia Science Center (ISC) atau Pusat Peragaan Iptek (PP IPTEK) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

"Akhirnya tahun ini kompetisi roket air diselenggarakan secara offline, setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19," ujar Direktur Operasi ISC, Didik Adiarsyah dalam keterangan tertulis pada Minggu, 25 September 2022.

Kompetisi roket air merupakan ajang adu keterampilan pelajar usia 12-16 tahun dalam pembuatan dan peluncuran roket air yang diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat Regional, Nasional, hingga Internasional.

"Roket air digunakan sebagai media dalam menjelaskan prinsip sains yang dikenal dengan Hukum Newton," tuturnya.

Pada tanggal 24 September 2022 para peserta dibekali pelatihan dalam kegiatan Workshop pembuatan roket air. Para peserta membuat 1 buah roket, kemudian dilanjutkan dengan membuat 1 buah roket kompetisi.

Dia menjelaskan bahwa roket air terbuat dari bahan botol plastik berkarbonasi dengan jumlah minimal sebanyak 2 (dua) buah botol yang akan dirakit menjadi satu bagian badan (body) roket air. Badan roket dilengkapi dengan sirip yang terbuat dari bahan infraboard atau sterofoam tebal yang dipotong dan dibentuk seperti sirip roket pesawat ulang alik.

"Desain sirip roket bentuknya dapat bermacam-macam tergantung dari kreativitas para peserta, namun dalam kompetisi ini bentuk sirip roket sudah ditentukan oleh panitia ISC. Setiap sekolah, diberikan kesempatan melakukan uji coba peluncuran  sebanyak 1 kali dan memilih 1 perwakilannya," jelasnya.

Tanggal 25 September 2022, para peserta melakukan dua kali peluncuran roket air. Penilaian akan diambil dari jarak yang terdekat dengan target.

"Jarak dari titik luncur ke target adalah sepanjang 50 meter. Setelah penilaian, 50 peserta dengan skor terbaik wilayah Jabodetabek dan Banten berhak mengikuti ke Kompetisi Roket Air Nasional," tukasnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X