Merajut Asa Pendidikan di Indonesia Timur

- Senin, 26 September 2022 | 15:04 WIB
Konferensi Pendidikan Di Timur Indonesia
Konferensi Pendidikan Di Timur Indonesia

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Ketimpangan pendidikan di wilayah Indonesia timur adalah hal yang tak tertampikan, dan masih terjadi sampai hari ini. Tak hanya dari sisi akses tapi juga kualitas.

Meski pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menciptakan keadilan atas hak dasar ini, tapi nyatanya, masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan.

Jika dirunut, banyak faktor penyebabnya, mulai dari kondisi geografis, minimnya tenaga pendidikan formal, hingga masalah budaya yang masih melekat di masyarakat sana. Di mana pendidikan belum dipandang sebagai sebuah keharusan.

Tak ingin berpangku tangan, tidak sedikit orang yang tergerak untuk memberikan pelayanan pendidikan. Tentu dengan caranya masing-masing.

Salah satu Ratna Catur Hastuti, founder yayasan Papua Hei Indonesia. Dirinya bercita-cita untuk mentransformasikan generasi muda papua menjadi pribadi yang unik dan berkarater, sehingga memiliki kemampuan untuk membangun tanah Papua di masa mendatang.

Selain memberikan pelayanan pendidikan di sejumlah wilayah di Papua, pihaknya juga ingin mencoba memberikan akses bagi para anak-anak Papua untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

"Kami akan carikan orang tua asuh (untuk kuliah di luar Papua) serta pendampingan, sehingga harapannya anak-anak Papua ini bisa mencapai target keoptimalannya untuk dapat mengembangkan potensi talenta," kata Ratna di sela-sela "Konferensi Pendidikan Di Timur Indonesia".

Dirinya berharap, ketika selesai menjalankan studinya, mereka akan kembali dan membangun Papua. "Akhirnya Papua bisa menjadi wilayah yang tidak lagi dipanadang sebelah mata oleh siapapun juga," imbuhnya.

Selain berupaya untuk memberikan akses pendidikan, Ratna memberikan catatan pendidikan bahwa pendampingan, baik secara karakter maupun minat bakat adalah hal yang tidak boleh terabaikan.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X