Citra Jadi Ikhtiar Tanamkan Cinta Nusantara

- Jumat, 30 September 2022 | 10:32 WIB

Malang, suaramerdeka-jakarta.com - Citra, Cita Insan Nusantara jadi salah satu ikhtiar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Malang menanamkan kecintaan anak didik sejak dini terhadap budaya bangsa. 
 
“Citra atau Cita Insan Nusantara adalah salah satu ikhtiar MIN 1 Kota Malang dalam mengenalkan khasanah budaya Indonesia kepada para siswa,” kata Kepala MIN 1 Kota Malang Suyanto saat ditemui di kantornya, Kota Malang. 
 
Menurutnya, Cita Insan Nusantara digelar setiap hari Kamis. Seluruh civitas akademika, mulai dari Kepala MIN, guru, dan para siswa diminta untuk mengenakan pakaian daerah. Tidak hanya itu, bekal makanan yang dibawa para siswa juga bertema makanan tradisional. Selama di madrasah, para siswa juga disertakan dalam beragam permainan tradisional dan diiring dengan lagu dan musik tradisional.
 
Kepala MIN 1 Kota Malang Suyanto
 
“Kami ingin mereka mengenal dan menyenangi budaya bangsa, mulai dari pakaian, musik, lagu daerah, hingga makanan. Itu semua kita kenalkan ke putra putri MIN 1 Kota Malang,” katanya. 
 
Tentu yang tidak ketinggalan, lanjut 
Suyanto, pihak juga tetap menanamkan nilai keagamaan bagi siswa-siswi. Selain pelajaran umum, di madrasah ada tambahan lima mata pelajaran agama, ditambah pelajaran program tahfidz. Kemudian MIN 1 Kota Malang juga memiliki program dering Subuh. Program ini dibuat untuk memantau apakah anak-anak sudah sholat Subuh atau belum. 
 
"Bapak-ibu gurunya juga sudah saya pastikan mereka ikut sholat Subuh berjamaah di masjid. Ada program Dhuha Time, bapak-ibu gurunya saya pastikan sebelum mengajar sudah sholat Dhuha, awalnya bapak-ibu guru kemudian karyawan nanti diikuti anak-anak, bermula dari keteladanan, dan dari diri sendiri," ujar Suyanto. 

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X