Indonesia Mengajar Komit Bangun Eksistem Pendidikan di Indonesia Timur

- Jumat, 30 September 2022 | 19:03 WIB
Alief Wicaksono, Indonesia Mengajar
Alief Wicaksono, Indonesia Mengajar

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com- Sudah 12 tahun berjalan, Indonesia Mengajar tetap memiliki komitmen kuat untuk membangun ekosistem pendidikan di Indonesia timur. Dengan mengirimkan relawan pendidikan dan pengajar muda ke berbagai daerah di pelosok, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk pemenuhan akses pendidikan.

"Tujuan utama kami melibatkan dan membentuk ekosistem masyarakat (pendidikan) yang ada di sana," ujar Public and Partner Engagement Indonesia Mengajar, Alief Wicaksono.

Pihaknya menyadari bahwa tidak ada solusi tunggal untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan di Indonesia. Apalagi dengan kondisi geografis serta luasnya wilayah Indonesia, tentu menjadi tantangan tersendiri.

Belum lagi dalam menghadapi budaya masyarakat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penyelesainnya pun juga harus dilakukan dengan pendekatan yang berbeda-beda pula.

"Kami merasa tidak ada solusi tunggal selain semua orang itu bergerak. Jadi kami membayangkan bahwa urusan pendidikan itu semacam prasmanan, siapapun boleh ambil bagian," ungkapnya.

Artinya, semua pihak bisa mengambil porsi apapun untuk berkontribusi membangun pendidikan di Indonesia. Semua pihak bisa bergerak dengan kemampuannya masing-masing.

Dan belum lama ini Indonesia Mengajar menggelar "Konferensi: Pendidikan di Timur Indonesia". Konferensi ini semacam wadah bagi para relawan dan tenaga pengajar yang pernah ambil bagian dalam gerakan ini.

Tujuannya untuk berbagai pengalaman tentang apa dan bagaimana upaya-upaya yang dilakukan, serta memberikan masukan-masukan..

"Selain itu kami ingin memberikan pesan kepada orang-orang yang ada di ujung timur Indonesia bahwa kita yang ada dibelahan Indonesia lain akan selalu menemani mereka," tuturnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X