Bina dan Kembangkan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui Bulan Bahasa dan Sastra

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 07:27 WIB
Kepala Badan Bahasa, E Aminudin Azis di sela media gathering Forum Wartawan Pendidikan yang digelar di Bogor pada Ahad, 2 Oktober 2022. (SM/Prajtna Lydiasari)
Kepala Badan Bahasa, E Aminudin Azis di sela media gathering Forum Wartawan Pendidikan yang digelar di Bogor pada Ahad, 2 Oktober 2022. (SM/Prajtna Lydiasari)

BOGOR, suaramerdeka-jakarta.com - Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) Tahun 2022 tidak hanya diselenggarakan untuk memperingati 94 tahun Sumpah Pemuda, tetapi juga untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, memelihara semangat, dan meningkatkan persatuan Indonesia sebagai sebuah bangsa besar yang sehat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui berbagai aktivitas kebahasaan dan kesastraan yang melibatkan beragam pihak, mulai dari ekosistem pendidikan, insan dan komunitas pegiat dan pemerhati bahasa dan sastra, lembaga, hingga masyarakat umum.

"Kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra dilandasi kesadaran bahwa mengutamakan
bahasa Indonesia merupakan tindakan untuk memperkuat bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan identitas nasional bangsa," ujar Kepala Badan Bahasa, E Aminudin Azis di sela media gathering Forum Wartawan Pendidikan yang digelar di Bogor pada Ahad, 2 Oktober 2022.

Tema BBS 2022 adalah “Bangkit Bersama”. Ungkapan tersebut terkesan sederhana,
tetapi sarat makna.

"Gerakan dan pemikiran visioner pemuda Angkatan 1928 dalam menyepakati sebuah sumpah untuk menjunjung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dapat dijadikan titik tolak semangat kebangkitan tersebut," terangnya.

Melalui tema tersebut, kita mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melestarikan semangat Sumpah Pemuda serta bahu-membahu bangkit dari pandemi.

"Pandemi yang di satu sisi membawa penderitaan dan kesengsaraan juga memberikan pelajaran bahwa kita harus mampu beradaptasi dan berinovasi untuk menghadapinya," imbuhnya.

Semangat bangkit bersama itu, lanjut Kepala Badan Bahasa, tecermin dalam berbagai kegiatan BBS sebagai ajang mengapresiasi, berdiskusi, berkompetisi, dan berbagi informasi.

"Badan Bahasa beserta satuan kerja di bawahnya dan balai/kantor bahasa yang ada di 30 provinsi menyelenggarakan berbagai jenis kegiatan dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra," tuturnya.***

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X