Mahasiswa i3L Juara ONMIPA Bidang Biologi

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:17 WIB
Mahasiswa i3L meraih juara ONMIPA Bidang Biologi (SM/Dok)
Mahasiswa i3L meraih juara ONMIPA Bidang Biologi (SM/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) menjadi salah satu juara pada Kompetisi Kompetisi Nasional Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika (ONMIPA) 2022 pada bidang Biologi.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), ini merupakan ajang kompetisi sains tingkat nasional untuk jenjang pendidikan tinggi.

Kompetisi tersebut, memperlombakan bidang Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Seleksi dimulai dari tingkat perguruan tinggi sejak Juni 2022, lalu disaring ke tingkat wilayah hingga berakhir di tingkat nasional.

Humas i3L, Azalia Imani mengatakan bahwa kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional ini merupakan ajang kompetisi bergengsi untuk jenjang pendidikan tinggi.

"i3L telah menyiapkan tim mahasiswa untuk mengikuti kompetisi tersebut selama kurang lebih 4 bulan. Persiapan dilakukan mulai dari rekrutmen untuk mengikuti seleksi di tingkat internal kampus, lalu ke tingkat daerah, hingga akhirnya terpilih mahasiswa yang lolos hingga tingkat nasional," katanya.

Mahasiswi dari i3L jurusan Biomedicine, Joan Nadia memenangkan kejuaraan cabang biologi dan meraih medali perak dalam perlombaan ini. Pada kompetisi tersebut, Joan bersaing dengan 65 peserta lainnya dalam olimpiade cabang Biologi.

Sebelum maju ke olimpiade skala nasional, mahasiswi i3L itu telah melewati berbagai macam seleksi.

"Awalnya saya mengikuti seleksi internal di i3L. Setelah itu, saya lanjut ke seleksi tingkat wilayah LLDikti III secara online. Mengingat berbagai tanggung jawab akademis yang saya juga harus penuhi selama proses lomba, saya tidak menyangka dapat lolos ke olimpiade nasional. Tiga orang lolos dari i3L yaitu saya, Alicia Cherie angkatan 2021, dan Steve Makalew angkatan 2019," ungkap Joan.

Joan berharap kompetisi ini mendukungnya untuk terus melakukan inovasi di bidang
Biomedis, jurusan yang diampunya di i3L.

"Biomedis adalah bidang yang masih jarang di Indonesia, tetapi sudah berkembang pesat di negara-negara maju. Perannya sangat signifikan dalam mendukung profesional medis melakukan prosedur medis termasuk pengumpulan data, analisis, diagnosis, dan terapi," tuturnya.

Berinovasi dalam bidang ini, lanjut Joan, dan mungkin banyak bidang lain juga menurutnya juga menuntut pemahaman dan kesadaran (awareness) lintas konsep dalam Biologi. "ONMIPA menurut saya mendukung pengembangan dalam aspek ini," terangnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Gandeng IKCS, President University Gelar Korea Edufair

Selasa, 8 November 2022 | 19:18 WIB
X