Metode Mindfulness Sebagai Dasar Pembentukan Karakter Siswa

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 17:29 WIB
Global Sevilla School.
Global Sevilla School.

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Merayakan ulang tahunnya yang ke-20, Global Sevilla School menggelar kegiatan Day of Mindfulness. Metode mindfulness sendiri diterapkan sebagai dasar pembentukan karakter siswa.

Kepala Sekolah Global Sevilla Pulomas, Purborini Sulistiyo mengatakan, selain menanamkan karakter baik kepada siswa, mindfulness dihadirkan untuk melatih kesadaran penuh guna menumbuhkan kepedulian terhadap sesama dan juga lingkungan sekitar.

"Agar semua hal yang kita kerjakan itu dilakukan dengan sepenuh hati, seluruh konsentrasi kita ada di sini," ujar Rini di Global Sevilla Pulomas, Kamis (6/10).

Secara ilmiah, kata dia, metode mindfulness akan merangsang otak untuk lebih tenang. Dengan demikian, setiap pembelajaran yang dilakukan di sekolah dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, tanpa ada emosi negatif.

"Dengan mindfulness ini bisa mempengaruhi gelombang otak menjadi lebih positif, dengan demikian anak bisa mengerjakan tugas dan ujian dengan tenang, tidak stres," katanya.

Jika dikaitkan dengan isu perundungan yang kerap terjadi di lingkungan sekolah, metode ini sejatinya dapat menjadi salah satu solusi. Sebab dengan kondisi tenang, siswa dapat berpikir lebih jernih tanpa mengedepankan rasa emosi.

"Siswa jadi lebih bisa menahan emosi, karena mereka memiliki kesadaran penuh kalau semisal mereka sedang marah. Jadi emosi negatif itu bisa kita kelola," jelas Rini.

Salah satu orang tua murid, Novrita Eventina mengamini bahwa metode mindfulness yang selama ini diterapkan memberikan efek sangat positif pada tumbuh kembang anaknya. Tidak hanya di lingkungan sekolah, tapi juga berimbas pada pola hubungan di rumah dan lingkungan sosial yang lebih luas.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah tingkat konsentrasi belajar pada anak. "Terhadap pembelajaran di rumah pun anak lebih fokus," imbuh Novrita.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X