Mendikbudristek Optimis Gernas BBI akan Jadi Transformasi Sistem Pendidikan Indonesia

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 10:02 WIB
 (SM/Dok)
(SM/Dok)

POLEWALI MANDAR, suaramerdeka-jakarta.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim optimistis bahwa Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) akan menguatkan dan menjadi bekal untuk memajukan kebudayaan lokal sekaligus menjadi transformasi sistem pendidikan Indonesia.

"Saya yakin, masyarakat Polewali Mandar dan Sulbar punya semangat yang luar biasa untuk terus mengembangkan dan memajukan daerah ini. Sulbar memiliki kekayaan budaya yang potensial untuk terus dikembangkan, menjadi tulang punggung dari pembangunan yang berkelanjutan," ujarnya secara daring pada Puncak Gernas BBI, Kamis (20/10).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak dan meminta sinergi seluruh pemangku kepentingan untuk menyukseskan arahan Presiden Joko Widodo yakni tercapainya 30 juta UMKM on boarding pada 2024.

"Butuh komitmen dari pemimpin organisasi untuk menjadi teladan suksesnya pengembangan perekonomian lokal. Terima kasih kepada Kemendikbudristek, Bank Indonesia, pemda, asosiasi, idEA, Top Brands, dan media. Selamat kepada UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi kita. Tingkatkan terus kapasitas untuk Sulbar mandiri," kata Menko Luhut secara daring.

Mewakili masyarakat Sulbar, Penjabat (Pj.) Gubernur Sulbar, Akmal Malik menyampaikan rasa bangga atas dilaksanakannya acara Puncak/Harvesting Gernas BBI di Polman. Kegiatan ini dapat  memberi peluang dalam meningkatkan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)/Industri Kecil dan Menengah (IKM) termasuk pelaku ekonomi Kreatif yang masuk dalam ekosistem digital.

"Tentu kegiatan ini memberi peluang meningkatkan UMKM sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal, dapat meningkatkan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal di Sulawesi Barat ini," ucap Akmal Malik.

Ia menjelaskan bahwa tujuan akhir kegiatan ini adalah peningkatan jumlah UMKM on boarding, Pelatihan dan Bimbingan UMKM sehingga naik kelas, serta peningkatan transaksi UMKM baik secara langsung/luring (offline) maupun daring (online), dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat. Tercatat, sekitar 125.215 UMKM/IKM yang terdaftar secara resmi di Sulbar.

Pada acara Puncak/Harvesting Gernas BBI ini panitia menyiapkan 40 stan (booth) yang akan diisi oleh kurang lebih 50 UMKM. "Saya harap geliat UMKM dapat membangkitkan gairah pemulihan ekonomi khususnya di Sulbar," imbuhnya.

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Sulbar hingga akhir bulan September, pelaksanaan Peningkatan Penggunaan Produk Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Negeri (P3DN) melalui Biro Pengadaan Barang dan Jasa telah terealisasi sebanyak 348 Paket P3DN dengan nilai sebesar Rp60 miliar dan diharapkan terus meningkat hingga akhir tahun 2022.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Transformasi BRI Institute Menjadi Cyber University

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:53 WIB
X