Mengenal Lebih Jauh,Beyond Education Indonesia : Rahtika Diana:Berawal dari keprihatinan

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:39 WIB

DUNIA  pendidikan menjadi salah satu tolok ukur kemajuan suatu bangsa. Banyak negara di dunia yang memiliki sistem pendidikan yang baik sehingga negara tersebut cepat maju. Berkembangnya dunia pendidikan tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh penting yang memiliki peranan. Bahkan, ide dan gagasan para tokoh pendidikan dunia ini telah menyumbangkan kebaikan pada perkembangan ilmu pengetahuan.

Mendidik dengan hati menekankan pada prinsip panggilan jiwa sebagai dasar sebuah profesi guru yang disanjung tinggi. Mendidik dengan hati akan menyentuh aspek psikologis dari anak didik yang membuat proses pembelajaran dikelas penuh akan rasa kesadaran bukan menolak tentang apa yang diajarkan

Demikian salah satu nasehat tokoh pendidikan dunia Paolo Freira  Amerika Latin seperti sering dikutip dalam dunia pendidiian.

Baca Juga: 120 Orang Tewas Akibat Berdesakan Saat Pesta Halloween di Itaewon, Korea Selatan

Mendidik adalah proses transformasi ilmu kepada peserta  didik agar mereka memiliki perubahan kearah kedewasaan dan kemandirian diri secara aktif. Proses transformasi tersebut tercermin dari perubahan prilaku, sikap mental dan akhlak dari anak didik.

Menurut Sardiman (2005), "Mendidik" dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mengantarkan anak didik ke arah kedewasaan baik secara jasmani maupun rohani. Oleh karena itu "Mendidik" dikatakan sebagai upaya pembinaan pribadi, sikap mental dan akhlak anak didik. "Mendidik" tidak sekedar transfer of knowledge, tetapi juga transfer of values. "Mendidik" diartikan secara utuh, baik matra kognitif, psikomotorik maupun afektif, agar tumbuh sebagai manusia yang berpribadi.

Mendidik adalah proses timbal balik antara pendidik dengan anak didik dalam menjadi manusia yang terbaik.

Agar proses mendidik bisa berjalan dengan baik maka perlu adanya proses pembelajaran yang interaktif dan menarik. Pembelajaran dikelas hendakya dibangun dalam prinsip rumah kedua bagi anak dengan menumbuhkan suasana yang menyenangakan bukan justru sebaliknya lebih terkesan membosankan. Keberhasilan pendidikan adalah keberhasilan guru dalam mendidik anak. Oleh karena itu peran guru sebagai pendidik sangatkah utama.

Baca Juga: Ternyata Yang Kendalikan ZATA juga pengendali BEBS

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Transformasi BRI Institute Menjadi Cyber University

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:53 WIB

Pancasila Membumi di Universitas Pancasila

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:16 WIB
X