Membangun Karakter Generasi Muda Indonesia Melalui Peningkatan Literasi Digital

- Senin, 7 November 2022 | 15:20 WIB
Seminar dengan tema "Membangun Karakter Generasi Muda Indonesia Melalui Peningkatan Literasi Digital”.  (Dok: UNSAHID)
Seminar dengan tema "Membangun Karakter Generasi Muda Indonesia Melalui Peningkatan Literasi Digital”. (Dok: UNSAHID)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid (USAHID)  bekerjasama dengan ICT Watch Indonesia melalui program Jawara Internet Sehat 2022 menyelenggarakan Seminar dengan tema "Membangun Karakter Generasi Muda Indonesia Melalui Peningkatan Literasi Digital”. Program Jawara Internet Sehat 2022 ini merupakan program yang dijalankan oleh 100 generasi muda dari beragam wilayah di Indonesia. Salah satu Jawara yang berasal dari DKI Jakarta adalah Khairul Syafuddin yang juga merupakan dosen Prodi Ilmu Komunikasi USAHID.

Seminar berlangsung di Auditorium Prof. Sukamdani Sahid Gitosardjono kampus Usahid pada Jum’at, 4 November 2022 secara daring dan luring di hadiri lebih dari 400 peserta dari perwakilan siswa SMK DKI Jakarta, mahasiswa, guru, dosen, praktisi komunikasi dan masyarakat umum. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Khairul sebagai salah satu perhatian dari Prodi Ilmu Komunikasi USAHID terhadap peningkatan literasi digital di Indonesia.

Sebelumnya kegiatan peningkatan literasi digital ini juga telah didahului dengan kegiatan Training of Trainer (ToT) yang ditujukan kepada mahasiswa USAHID. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Agustus dan September 2022 yang lalu.

Baca Juga: Megawati Apresiasi Presiden Jokowi yang Kembalikan Fungsi Asli Lemhannas

ToT ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Jawara Internet Sehat 2022 DKI Jakarta yang diakhiri dengan Seminar Hybrid ini. Kegiatan itu bertujuan untuk menanamkan pengetahuan literasi digital kepada mereka agar nantinya dapat menjadi generasi penerus, khususnya di kalangan akademisi untuk meningkatkan literasi masyarakat luas.               

Kegiatan ini dilatar belakangi keprihatinan dengan banyaknya  informasi hoaks dan ujaran kebencian yang bertebaran di media digital. Dikarenakan  kemajuan teknologi informasi saat ini memberikan kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memproduksi dan mengkonsumsi informasi.

Oleh karena itu literasi digital menjadi kemampuan yang perlu dimiliki para warganet terutama generasi muda untuk dapat menangkal hoaks dan ujaran kebencian. Berdasarkan hal tersebut, seminar ini sebagai bagian dari kolaborasi bersama dalam upaya peningkatan literasi digital yang menjadi tanggung jawab bersama.

Baca Juga: Terpilih Jadi Gubernur Terpopuler di AHI 2022, Ini “Jurus” Khofifah Hadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi

Seminar diawali sambutan dari Direktur Eksekutif ICT Watch, Indriyatno Banyumurti; sambutan dari Rektor USAHID,  Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom.,IPU, dilanjutkan sambutan dari Direktur Pemberdayaan Informatika yang diwakili oleh Koordinator Literasi Digital Sektor Pendidikan – Kemkominfo, Bambang Tri Santoso.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pancasila Membumi di Universitas Pancasila

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:16 WIB

SNPMB Cukup Mendaftar dan Laksanakan Tes Sekali

Rabu, 11 Januari 2023 | 14:50 WIB
X