Tak Perlu Bingung Hadapi SNBT, Berikut Strategi yang Perlu Kamu Lakukan!

- Kamis, 10 November 2022 | 17:42 WIB
 (sh)
(sh)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com - Seperti yang kita ketahui, jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibagi menjadi tiga skema, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri PTN. Diantara ketiga jalur tersebut, SNBT menjadi salah satu yang paling populer karena kuota penerimaan SNBT paling besar dibandingkan dua jalur lainnya.

 

Meski memiliki kuota penerimaan yang paling besar, jumlah penerimaan mahasiswa pada SNBT tetap terbilang terbatas. Jumlah tersebut juga dipengaruhi oleh nilai minimum berdasarkan kuota/daya tampung yang tersedia. Dilihat dari tren UTBK-SBMPTN dalam 3 tahun terakhir, hanya sekitar 23-24% dari total pendaftar yang akhirnya lolos.

 

Beberapa waktu lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi telah mengumumkan aturan penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2023. Berdasarkan perubahan tersebut, siswa akan dihadapkan pada soal yang akan menguji potensi skolastik mereka pada SNBT UTBK tahun depan. Melalui tes tersebut, siswa akan dihadapkan pada realitas atau masalah sehari-hari dalam bentuk soal cerita dan menentukan konsep atau model apa yang relevan untuk memecahkan masalah tersebut. 

Baca Juga: Debat HIPMI di Labuan Bajo, Tiga Calon Ketum HIPMI Dorong Konektivitas Pembangunan & Pengembangan Pariwisata

Namun tidak perlu khawatir, karena platform edukasi berbasis teknologi, Zenius, telah merangkum strategi belajar tes skolastik SNBT 2023, yang dapat diikuti setiap siswa, yaitu:

 

 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Transformasi BRI Institute Menjadi Cyber University

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:53 WIB
X