Guru Penggerak Jadi Faktor Kunci dalam Transformasi Pendidikan

- Minggu, 27 November 2022 | 17:12 WIB
 (SM/Dok)
(SM/Dok)

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Para Guru Penggerak menjadi faktor kunci dalam transformasi Pendidikan. Hal tersebut, disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim pada puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 di Jakarta International Expo Convention Center & Theater, Sabtu (26/11).

"Guru-guru Penggerak ini kalau mereka masuk ke posisi kepala sekolah dan pengawas sekolah, merekalah yang akan terus bergerak mengikuti ajaran dan filsafat Ki Hajar Dewantara," ujarnya.

Kemudian, Platform Merdeka Mengajar dan Kurikulum Merdeka menjadi kebijakan Merdeka Belajar yang juga tak kalah penting dan menjadi favorit Mendikbudristek. Sebab, Platform Merdeka Mengajar mendorong perubahan peningkatan kapasitas guru secara signifikan.

"Sekarang guru secara mandiri memilih pelatihan apa yang mereka inginkan. Membentuk komunitas belajar yang difasilitasi secara digital itu penting," tuturnya.

Tanpa Kurikulum Merdeka, lanjut Mendikbudristek, guru tidak memiliki alat untuk melakukan inovasi. "Guru harus diberikan hak untuk melakukan personalisasi, diferensiasi, dan ruang untuk berinovasi," terangnya.

Selain itu, kebijakan paling berdampak kepada kehidupan guru adalah rekrutmen aparatur sipil negara guru Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (ASN PPPK). Meskipun diakui Nadiem masih terdapat banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan, tetapi inisiatif ini akan mendorong perubahan dalam kesetaraan dan kesejahteraan guru.

"Akhir tahun ini sekitar 600 ribu guru honorer akan menjadi ASN PPPK, mungkin itu adalah kebijakan yang akan mengubah hidup mereka," imbuhnya.

Pada puncak peringatan HGN guru terlihat sangat antusias karena diberikan kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada Mendikbudristek. Penanya pertama adalah Santi Dianita, guru dari TK Dharma Wanita 02 Karang Besuki, Malang, Jawa Timur. 

Menurutnya transformasi pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terasa sangat berbeda. Dobrakan episode awal Merdeka Belajar telah membuatnya bersemangat untuk mengikuti seluruh episode yang sudah mencapai duapuluh dua episode. 

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pancasila Membumi di Universitas Pancasila

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:16 WIB
X