Punya 500 Mitra, Tel-U Sebut Bikin Program Magang Makin Menantang

- Selasa, 29 November 2022 | 22:57 WIB

 

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Rektor Telkom University (Tel-U), Prof Dr Adiwijaya mengingatkan dengan makin banyak menghadirkan mitra dalam program magang akan makin banyak maslahat yang diperoleh.

Terlebih dengan massifnya teknologi digital yang mendorong banyak perubahan. Kondisi ini jelas harus diantisipasi sehingga setiap pandangan termasuk mitra benar-benar diperlukan.

"Kami mendapatkan masukan dari dunia usaha, dunia industri dan kami langsung tambahkan dalam kurikulum yang sedang berjalan sehingga tidak tertinggal karena perubahan teknologi sekarang luar biasa perubahannya begitu cepat dan kita harus menyesuaikan," katanya.

Selain mahasiswa makin terampil terutama dalam menjawab kebutuhan riil di industri dan lapangan, kehadiran mitra justru diharapkan bisa menjadikan proses magang itu terjaga bobot kualitasnya.

Baca Juga: PREMK BRIN-Telkom ITDRI: Tekan Gap, Percepatan Transformasi Digital bagi UMKM Adalah Kunci

"(Dari masukan mereka) Kurikulumnya jadinya sudah disesuaikan dengan skill set kebutuhan industri," imbuh Adiwijaya pada Puncak Perayaan Tel-U Anniversary 2022 bertajuk Digital Talent lnnovation di Bandung, Selasa (29/11/2022). Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa lintas kampus tumpah ruah mengingat digelar pula market day dan pameran sejumlah inovasi seperti motor listrik.

Pihaknya tak menampik bahwa isu keselarasan lulusan dengan kebutuhan industri selalu aktual. Dia pun memahami guliran program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka milik Kemendikbudristek.

Menurut Adiwijaya, hal itu tak terlepas dari tuntutan industri yang terus berkembang. Karena itu, terobosan dibutuhkan untuk bisa menjawabnya. Salah satunya adalah keberadaan mitra magang yang diharapkan bisa mengasah potensi mahasiswa.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pancasila Membumi di Universitas Pancasila

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:16 WIB
X