FTBI di Kaltim, Ajang Kreativitas dan Penghargaan bagi Siswa dan Guru Terpilih

- Kamis, 1 Desember 2022 | 06:30 WIB
 (SM/Dok)
(SM/Dok)

SAMARINDA, suaramerdeka-jakarta.com - Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur, Halimi Hadibrata menyebutkan bahwa Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2022 merupakan ajang kreativitas dan penghargaan bagi para siswa dan guru terpilih dalam upaya pelestarian bahasa daerah.

“Anak-anak yang sudah terpilih sebagai pemenang, harus terus bersemangat dalam melestarikan bahasa daerah," ujarnya.

Pasalnya, Kalimantan Timur memiliki 16 bahasa daerah dan beberapa di antaranya mulai mengalami kemunduran. Berangkat dari kekhawatiran tersebut, Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur (KBPKT) mengemas kegiatan revitalisasi bahasa daerah (RBD) dalam bentuk FTBI Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2022.

Tujuannya supaya generasi muda, khususnya anak-anak usia SD dan SMP tergerak dan merasa senang untuk mempelajari, melindungi, mengembangkan, dan melestarikan bahasa daerahnya dengan penuh kreativitas dan sukacita.

"Generasi muda harus bangga berbicara dengan bahasa daerahnya karena itu adalah jati diri dan identitas diri sehingga dapat menerima warisan nilai-nilai budaya, peribahasa, dan kearifan lokal leluhurnya. Ketika disebut orang Kutai, buktinya adalah mampu berbahasa Kutai. Begitu pun bagi orang Paser dan Kenyah," tegasnya.

Para peserta yang berhasil menjadi juara mendapat penghargaan berupa piala, uang pembinaan, dan sertifikat. Pemenang terbaik tiap kategori di tingkat provinsi juga akan maju ke tingkat nasional dan berkesempatan mengikuti acara peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional di Jakarta pada 21 Februari 2023 mendatang.

FTBI Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2023 akan mengangkat revitalisasi bahasa Berau dan Benoa serta bahasa Bulugan di Kalimantan Timur.

Pada kesempatan ini, dua orang pemenang FTBI Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2022 menyampaikan kesannya terkait kegiatan ini. Cintia, pemenang VII pidato bahasa Kutai jenjang SMP menyampaikan terima kasih atas dukungan para guru dan teman-temannya.

Cintia juga menyemangati kaum muda agar ikut berpartisipasi dalam FTBI pada tahun berikutnya. Lalu ada Nazzua Nur Diva Zifara, pemenang IV pidato bahasa Paser jenjang SMP.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Februari, Pendaftaran IISMA 2023 akan Dibuka

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:12 WIB

Quipper Sediakan Materi Persiapan Hadapi SNBT 2023

Rabu, 18 Januari 2023 | 20:19 WIB
X