Tidak Percaya Diri Jadi Penyebab Generasi Muda di Kaltim Tinggalkan Bahasa Daerah

- Kamis, 1 Desember 2022 | 06:51 WIB
 (SM/Dok)
(SM/Dok)

SAMARINDA, suaramerdeka-jakarta.com - Kepala Taman Budaya Provinsi Kalimantan Timur, Ismid Rizal menyatakan bahwa pada saat ini generasi muda di Provinsi Kalimantan Timur cenderung meninggalkan bahasa daerahnya karena berbagai hal. Menurutnya, mereka cenderung merasa malu dan tidak percaya diri untuk berbahasa daerah dan justru senang berbahasa nasional (bahasa Indonesia).

Selain itu, mereka juga menggunakan bahasa campuran (bahasa daerah dengan bahasa Indonesia dan/atau bahasa asing) dalam komunikasi sehari-hari.

"Padahal, Kalimantan Timur kaya akan bahasa daerah atau bahasa Ibu yang menjadi identitas diri masyarakatnya," katanya.

Oleh karena itu, bahasa Ibu harus diwariskan kepada generasi muda. Pelestariannya kata Ismid, tidak cukup hanya dengan memberi perhatian pada bahasa Kenyah, Melayu Kutai, dan Paser saja, melainkan juga pada seluruh bahasa Ibu di Kalimantan Timur.

Terlebih, adanya rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur yang akan berdampak luas bagi penuturan bahasa Ibu di Kalimantan Timur.

Ia pun berharap, generasi muda dapat terus melestarikan dengan menuturkan bahasa Ibu dan bangga pada bahasa daerah di Kalimantan Timur.

"Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2022, karena acara ini sangat penting bagi pelestarian dan pengembangan bahasa daerah," tuturnya.

FTBI Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2022 merupakan puncak kegiatan RBD. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 23-26 November 2022 di Hotel Aston dan Atrium Mal Samarinda Central Plaza, Samarinda, Kalimantan Timur.

Sebanyak 84 orang peserta dari jenjang SD dan SMP serta 14 orang guru pendamping terlibat secara aktif. FTBI Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2022 dimulai secara berjenjang, yakni diawali di tingkat kecamatan dan kabupaten, kemudian ke tingkat provinsi.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pancasila Membumi di Universitas Pancasila

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:16 WIB
X