Kepedulian DUDI Lewat SMK PK SPD Yakin Vokasi Miliki Pendapatan Meningkat

- Jumat, 2 Desember 2022 | 22:21 WIB
Kegiatan diskusi media Kemendikbudristek di Jakarta pada Jumat, 2 Desember 2022 (SM/Dok)
Kegiatan diskusi media Kemendikbudristek di Jakarta pada Jumat, 2 Desember 2022 (SM/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Konsorsium Pengusaha Peduli Vokasi RI yang diwakili oleh Primadi Serad, menyampaikan bahwa kepedulian dunia usaha dunia industri (DUDI) kepada sekolah menengah kejuruan (SMK) lewat program SMK Pusat Keunggulan (PK) Skema Pemadanan Dukungan (SPD) ini lantaran pihaknya meyakini vokasi menjadi salah satu jalan agar bangsa ini memiliki pendapatan yang meningkat.

Di mana, hal itu dapat terwujud apabila kualitas sumber daya manusia (SDM) juga meningkat. Untuk itu, pihaknya pun telah menyiapkan Rp50 miliar untuk pendanaan pada tahun 2022 hingga 2023 nanti.

"Kita mempunyai misi agar lulusan SMK memiliki penghasilan di atas Upah Minimum Regional (UMR). Yang kami lakukan adalah melakukan penyesuaian kurikulumnya dengan industri," ujarnya di Kemendikbudristek pada Jumat, 2 Desember 2022.

Kemudian, lanjut Primadi, kami latih guru-gurunya hingga mampu mengajar sesuai kurikulum yang kami kehendaki. "Baru kemudian kita membantu pada bidang infrastrukturnya hingga teaching factory," tuturnya.

Sementara itu, salah satu SMK yang telah menjalankan program SMK PK SPD mengakui program tersebut membuat pihak SMK menjadi lebih siap menyiapkan siswa-siswinya untuk masuk ke dunia kerja. Kemitraan dengan DUDI pun menjadi lebih erat.

Kepala Sekolah Pengampu Program SMK (SMK Jaya Buana), Aan Angsori mengatakan, perubahan terlihat pada penggunaan kurikulum di sekolahnya.

"Sebelum ada program SMK PK SPD, kami hanya menggunakan Kurikulum Merdeka saja. Namun setelah dipadankan dengan industri, pihaknya kini memiliki sistem bernama Super Power Blok, di mana dalam satu minggu terdapat materi pelajaran yang didampingi langsung oleh industri," kata Aang.

Sebagai informasi, pendaftaran program SMK PK SPD tahun 2023 telah dibuka mulai tanggal 17 November 2022 hingga minggu kedua Januari 2023. Kemendikbudristek menargetkan tahun depan setidaknya terdapat 250 SMK eligible untuk mengikuti pemadanan pada tahun 2023 nanti.

Informasi lebih lanjut, lini masa, dan pendaftaran Program SMK PK SPD dapat diakses di laman https://smk.kemdikbud.go.id/smkpk.***

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Februari, Pendaftaran IISMA 2023 akan Dibuka

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:12 WIB
X