Inovasi Stabilitas Lereng Sistem Penyediaan Air Minum, Mahasiswa UNPAR Juara 2 Geoteknik Nasional 2022

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 02:58 WIB

BANDUNG,suaramerdeka-jakarta.com

Kembali torehkan prestasi membanggakan, tiga mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kali ini berhasil sabet juara dua dalam ajang Geotechnical Engineering Competition (GEC) 2022 pada Kamis,

(24/11/2022) lalu yang merupakan rangkaian acara dari Civil Expo (CIVEX) dengan penyelenggara Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Adapun penyelenggaraan GEC pada tahun ini mengangkat tema "Innovative Planning in Soft Soil Improvement toward IKN Nusantara".

Baca Juga: Taeguk Warriors Jadi Wakil Asia Ketiga Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022


Permasalahan yang diangkat pada lomba tersebut adalah menyelesaikan permasalahan stabilitas lereng dari kasus Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Mansapa di Nunukan, Kalimantan Timur.

 

Sedangkan untuk babak final, peserta diharuskan menyelesaikan desain perbaikan tanah lunak pada kasus Perumahan Grand Pakuwon di Surabaya.

Menjawab tantangan menggunakan solusi dengan Prefabricated Vertical Drains (PVD), Prefabricated Horizontal Drains (PHD), geotextile, serta timbunan pasir untuk preloading, mengantarkan Alexander Tommy, Ian Hartono, dan Samuel Jemmy Setiadjie dalam tim yang bernama Pacivic Pier tersebut sebagai juara dua mengalahkan peserta lainnya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Februari, Pendaftaran IISMA 2023 akan Dibuka

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:12 WIB
X