Sistem Pembelajaran di Binus Online Jadikan Kuliah Fleksibel Lulusan Berkualitas

- Senin, 13 Februari 2023 | 18:14 WIB
Rektor Binus University, Harjanto Prabowo (tengah) bersama Direktur Binus Online, Agus Putranto saat temu media di Kampus Binus Kemanggisan, Jakarta pada Senin, 13 Februari 2023 (SM/Dok)
Rektor Binus University, Harjanto Prabowo (tengah) bersama Direktur Binus Online, Agus Putranto saat temu media di Kampus Binus Kemanggisan, Jakarta pada Senin, 13 Februari 2023 (SM/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Sulitnya membagi waktu dan menyesuaikan jadwal kuliah dengan pekerjaan menjadi suatu tantangan. Berangkat dari permasalahan tersebut, Binus University melalui Binus Online hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di bidang pendidikan.

"Sehingga para pekerja dapat belajar dengan fleksibel. Sistem pembelajaran di Binus Online adalah full online, yang mana menjadikannya kuliah fleksibel lulusan berkualitas," ujar Rektor Binus University, Harjanto Prabowo saat temu media di Kampus Binus Kemanggisan, Jakarta pada Senin, 13 Februari 2023.

Dengan biaya lebih terjangkau, Harjanto mengatakan mahasiswa cukup menyediakan biaya sebesar Rp80 juta. "Mahasiswa sudah bisa meraih gelar sarjana dalam tenggat 4 tahun dan maksimal 7 tahun," katanya.

Harjanto juga memastikan kuliah Binus Online tidak kalah dengan reguler walaupun biaya kuliah hanya sepertiga dari reguler. "Binus Online memiliki akreditasi sendiri, bukan peralihan reguler ke online dan jangan khawatir, standar kualitas Binus Online sama dengan Binus reguler yang berorientasi pada universitas berkelas dunia," imbuhnya.

Harjanto menjelaskan bahwa Binus Online memiliki berbagai program yang mendukung mahasiswa dalam pembelajaran. Bahkan, Binus Online telah mendapatkan rating 5 Stars Online Learning dari QS World University Ratings atas komitmen peningkatan kualitas.

"Kami melihat bahwa kebutuhan akan Online Learning ini semakin masif. Oleh karena itu, semenjak tahun 2000 kami telah menghadirkan pembelajaran Multi-Channel Learning atau MCL yang kemudian berkembang menjadi Binus Online hingga saat ini," jelasnya.

Selain itu, lanjut Harjanto, kami juga tetap menjunjung integritas bagi BINUSIAN Binus Online yakni menyontek sama dengan DO.

Pada kesempatan yang sama Direktur Binus Online, Agus Putranto mengungkapkan bahwa program-progam yang diterapkan pada Binus Online antara lain Rekognisi Pembelajaram Lampaui (RPL) dan Flexible Program.

"RPL adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai program studi Binus Online," ungkap Agus.

Kemudian Flexible Program adalah berbagai program dan sistem yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa saat akan mendaftar di Binus Online. "Aktivitas belajar dirancang untuk fokus pada karakteristik mahasiswa dan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dengan bimbingan dosen akademisi maupun praktisi yang berpengalaman," pungkasnya.

Keunggulan tersebut, kata Agus, menjadikan program Binus Online dapat mempercepat peningkatan karier dan wawasan mahasiswa.

Binus Online merupakan metode pembelajaran yang diselenggarakan dan disiapkan Binus University melalui sistem perkuliahan online yang dijalankan secara mandiri untuk menjawab tantangan para mahasiswa yang tidak memiliki banyak waktu dan kesempatan dalam meningkatkan pendidikan namun tetap dapat mengembangkan diri.

"Demi mendukung masyarakat Indonesia yang merupakan pekerja dan ingin melanjutkan perkuliahan, kami menghadirkan Flexible Program yang terdiri dari Sistem Modular, Enrichment Program, dan juga Minor Program yang diterapkan di Binus Online," harapannya.

Bersama Binus Online, diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia dengan sistem pembelajaran yang efisien, sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir akan meninggalkan dunia kerja dan mampu meningkatkan produktivitas.***

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X