Peluncuran MTQ Korpri ke-VI Perlu Dipercepat untuk Tingkatkan Partisipasi

- Selasa, 28 Juni 2022 | 18:37 WIB
Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DKPN) Zudan Arif Fakrulloh. (Dok. Ditjen Dukcapil Kemendagri)
Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DKPN) Zudan Arif Fakrulloh. (Dok. Ditjen Dukcapil Kemendagri)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Langkah persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Negeri (Korpri) ke-VI tingkat nasional tahun 2022 pada November mendatang, sangat diapresiasi.

“Saya berharap, peluncuran MTQ ke-VI Korpri Tahun 2022 dapat dilaksanakan pada minggu kedua bulan Agustus 2022 di Padang,” kata Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DKPN) Zudan Arif Fakrulloh di kantor Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Jl. Raya Pasar Minggu, Jakarta Senin (27/6).

Hal itu disampaikannya saat menerima Ketua Panitia Pelaksana MTQ Korpri ke-VI Nasional Hansastri. Menurutnya, peluncuran pada Agustus agar partisipasi peserta dapat meningkat dibandingkan MTQ ke-V Korpri di Kendari pada tahun 2021.

“Dengan demikian, semua kementerian/lembaga dan daerah punya waktu yang cukup untuk menyiapkan anggaran pengiriman kafilah,” ujarnya. Sementara, Hansastri menegaskan bahwa Pemprov Sumbar menyatakan siap menerima dan menyambut sedikitnya 2.000 peserta dan official MTQ Korpri ke-VI.

Dia menyatakan, berbagai persiapan dan pembenahan terus dilakukan Pemprov Sumbar. Hal itu agar hajat besar Korpri nasional tersebut benar-benar matang dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi ASN dan berprestasi di bidang MTQ.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar itu menambahkan, MTQ akan mempertandingkan sembilan jenis cabang. Antara lain cabang Tilawah, Hafalan Alquran, Kaligrafi, Dakwah Alquran, Tartil Alquran, Doa dan Adzan.

“Lokasi pembukaan MTQ Korpri VI ini rencananya diadakan di Istana Gubernuran. Sedangkan penutupan akan dilaksanakan di Masjid Raya Sumbar,” tandasnya.

Lokasi
Untuk venue lomba, telah disiapkan delapan lokasi. Yaitu Masjid Raya Sumbar, Masjid Al-Hakim, aula Kantor Gubernur, aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Kemudian, aula UIN Imam Bonjol, aula SMAN 1 Padang, aula Dinas Kebudayaan dan Laboratoriun Komputer BKD Sumbar.

Dalam koordinasi terkait kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah MTQ Korpri Nasional tersebut, dia juga menjelaskan pendanaan yang dibutuhkan. Dimana pelaksanaan kegiatan MTQ dianggarkan pada APBD Perubahan Provinsi Sumbar Tahun 2022.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X