Ribuan Halaman Naskah Kuno Habaib Berhasil Diselamatkan

- Sabtu, 3 September 2022 | 22:48 WIB
Ribuan halaman naskah kuno karya para habaib, dialihmediakan menjadi bentuk digital. (Dok. Yayasan Pendidikan Jamiat Kheir)
Ribuan halaman naskah kuno karya para habaib, dialihmediakan menjadi bentuk digital. (Dok. Yayasan Pendidikan Jamiat Kheir)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Ribuan halaman naskah kuno yang ditulis tangan oleh para habaib yang berdomisili di Indonesia, berhasil diselamatkan.

"Upaya penyelamatan sekitar 5000 halaman naskah kuno dilakukan melalui Program Digital Repository of Endangered and Affected Manuscripts in Southeast Asia (DREAMSEA)," kata Ketua Yayasan Pendidikan Jamiat Kheir Umar Alhaddad di Jakarta, Sabtu (3/9).

Naskah kuno berusia ratusan tahun yang berhasil didigitalisasi tersebut, berisi kajian ilmu agama, sains, astronomi, hingga metafisik. Kegiatan dilaksanakan di tempat penyimpanan benda-benda bersejarah di Perpustakaan Yayasan Pendidikan Jamiat Kheir, Jl. K.H. Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Sekitar 5000 halaman naskah kuno yang ditulis tangan dalam bahasa dan aksara Arab itu ditulis di atas kertas yang diimpor dari Eropa. Isinya sangat beragam," ujarnya.

Antara lain seperti dunia kependidikan hingga fakta-fakta sejarah terkait peran dan intelektualitas habaib di Indonesia. Dikatakan, dari penelusuran awal setidaknya ada sepuluh jilid naskah kuno tulisan tangan.

"Yang mana ditulis oleh para pihak. Yang mana pernah mendirikan dan mengenyam pendidikan di lembaga ini sejak ratusan tahun lalu," tandasnya.

Manfaat
Dia menambahkan, benda-benda bernilai sejarah itu tersimpan rapi di perpustakaan. Diharapkan, peninggalan leluhurnya itu memiliki manfaat yang bisa diterapkan oleh generasi di masa kini.

"Sudah saatnya khazanah warisan para habaib ini direvitalisasi. Beberapa sudah banyak yang berlubang, harus segera diselamatkan," tegasnya.

Sehingga bisa dimanfaatkan lebih luas oleh banyak kalangan. Adapun Yayasan Pendidikan Jamiat Kheir adalah salah satu lembaga pendidikan keislaman tertua di Indonesia.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Masjid Sheikh Zayed Simbol Persaudaraan Antar-Bangsa

Sabtu, 19 November 2022 | 15:07 WIB

Umat Islam Harus Teladani Kehidupan Rasulullah SAW

Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:32 WIB
X