Umat Islam Harus Teladani Kehidupan Rasulullah SAW

- Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:32 WIB
Tangkapan layar Gelora Talk bertajuk Teladan Nabi Muhammad SAW, Pemimpin Teragung Sepanjang Zaman. (Gelora Media Center)
Tangkapan layar Gelora Talk bertajuk Teladan Nabi Muhammad SAW, Pemimpin Teragung Sepanjang Zaman. (Gelora Media Center)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Umat Islam saat ini membutuhkan satu model pendekatan baru untuk meneladani Nabi Muhammad SAW. Khususnya dalam situasi dan kondisi krisis seperti sekarang.

"Sebab, umat Islam seharusnya tidak hanya sekedar takzim atau mengagumi Rasulullah SAW saja," kata Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat Indonesia Anis Matta dalam Gelora Talk bertajuk Teladan Nabi Muhammad SAW, Pemimpin Teragung Sepanjang Zaman, kemarin.

Menurutnya, umat Islam juga harus meneladani lebih jauh apa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebab, banyak yang mengagumi dan mencintainya, tetapi susah meneladaninya.

"Sehingga kita membutuhkan satu model pendekatan baru. Yakni dengan mencari persamaan situasi krisis yang dihadapi Nabi Muhammad SAW ketika itu, dengan situasi krisis yang dihadapi umat Islam sekarang," ujarnya.

Sebab sebagai pemimpin dunia, Nabi SAW telah mengajarkan bagaimana cara melewati dan menyelesaikan krisis. Tidak hanya krisis ekonomi, tapi juga krisis militer dan krisis geopolitik.

"Dengan konteks mencari persamaan itu, maka umat Islam dapat keluar dari krisis. Sekaligus juga meneladani perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin teragung sepanjang zaman," tandasnya.

Keberhasilan
Sedangkan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Muhyiddin Junaidi mengatakan, keteladanan Nabi Muhammad SAW yang bisa diteladani adalah keberhasilan. Khususnya dalam membangun peradaban dunia saat ini.

"Dimana Rasulullah SAW berhasil mengangkat para sahabat, sebagai penebar peradaban ke berbagai dunia saat ini. Karena fokus pada pendidikannya," tegasnya.

Dimana pendidikan adalah fondasi membangun negara. Ketika itu, Nabi Muhammad SAW fokus membangun kepemimpinan melalui dunia pendidikan yang integratif.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Masjid Sheikh Zayed Simbol Persaudaraan Antar-Bangsa

Sabtu, 19 November 2022 | 15:07 WIB

Umat Islam Harus Teladani Kehidupan Rasulullah SAW

Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:32 WIB
X