Dihadapan Pengurus PITI, Komjen Purn H. Syafrudin : Hilangkan Istilah Aseng, Asing, Cebong dan Kadrun

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 07:13 WIB


JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-  Pembina Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Komjen Purn H. Syafrudin Kambo mengingatkan semua pihak untuk tidak menyebarkan diksi seperti asing, aseng, kadrun dan cebong jika istilah itu dijadikan alat untuk memunculkan polarisasi di masyarakat.

Hal itu disampaikab Syafrudin yang juga Pembina PITI Pusat itu saat memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus PITI Periode 2022-2027 di Gedung DMI, Jakarta, Sabtu (29/10).

Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi itu mengakui bangga dengan PITI yang telah berkiprah bahkan sebelum Republik Indonesia lahir.

Baca Juga: Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Karena itu, ia berharap jangan ada lagi yang merasa paling memiliki Indonesia."Mari kita hindari sekat-sekat. Sebab semua punya kontribusi dalam perjalanan sejarah Indonesia.

Karena itu tidak ada lagi saling klaim yang memunculkan polarisasi. Tidak boleh ada lagi istilah asing, aseng, cebong, kadrun," tegasnya.

Untuk itu Syafruddin mengajak bangsa Indonesia bersyukur karena di negara yang beragam suku dan agamanya tapi tetap satu negaranya yaitu Indonesia. "Tapi di Arab, satu sukunya, satu bahasanya tapi negaranya ada kurang lebih 17 negara," ia mengingatkan.

Baca Juga: 120 Orang Tewas Akibat Berdesakan Saat Pesta Halloween di Itaewon, Korea Selatan

Karena itu, mantan Wakapolri ini mengajak semua pihak untuk melihat Indonesia sebagai sebuah perahu besar. "Indonesia ibarat kapal besar dan semua berhak ikut didalamnya. Apalagi kita sedang menuju Indonesia Emas tahun 2045," ajaknya.

Lebih lanjut ia menyebutkan pelantikan pengurus PITI ini bertepatan momentumnya dengan Hari Sumpah Pemuda dan momentum Maulid Nabi Muhammad SAW. "Insya Allah dengan pelantikan PITI bertepatan dengan dua momentum itu PITI dapat barokahnya," ucapnya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan dari Sholat Tahajud yang Luar Biasa

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:34 WIB

Kumpulan Doa agar Rezeki Lancar dan Berkah

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:36 WIB

Bacaan Sholawat Nabi yang Mudah Dihafal dan Diamalkan

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:37 WIB

Masjid Sheikh Zayed Simbol Persaudaraan Antar-Bangsa

Sabtu, 19 November 2022 | 15:07 WIB

Umat Islam Harus Teladani Kehidupan Rasulullah SAW

Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:32 WIB
X