Tentang Hukum Membakar Alquran, Buya Yahya: Mushaf Bahkan Sobekan Dari Ayat-ayat Alquran pun Harus Dimuliakan

- Selasa, 24 Januari 2023 | 08:30 WIB
Menurut Buya Yahya, mushaf Alquran dan bahkan sobekan dari ayat-ayat Alquran harus dihormati dan dimuliakan (Tangkapan layar instagram@buyayahua_albahjah)
Menurut Buya Yahya, mushaf Alquran dan bahkan sobekan dari ayat-ayat Alquran harus dihormati dan dimuliakan (Tangkapan layar instagram@buyayahua_albahjah)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Kembali aksi intoleran menjadi perhatian dunia, yakni pembakaran Al Quran oleh Politikus garis keras Rasmus Paludan saat berunjuk rasa di depan kedubes Turki di Stockholm, Swedia.

Pendiri Pesantren Al-Bahjah Cirebon, KH Yahya Zainul Ma’arif atau yang akrab disapa Buya Yahya mengatakan, bahwa pembakaran Alquran dengan tujuan memuliakan kalimat-kalimat Allah pernah dilakukan di zaman sahabat Utsman bin Affan.

Selain untuk tujuan kemuliaan Alquran, maka pembakaran tidak dibenarkan dan justru dapat dianggap menghina firman Allah SWT.

Menurut Buya Yahya, mushaf Alquran dan bahkan sobekan dari ayat-ayat Alquran harus dihormati dan dimuliakan.

Baca Juga: Rekam Jejak Ngawur Politikus Sayap Kanan Rasmus Paludan: Anti-imigran dan Anti-Islam

Maka ketika menemukan sobekan ayat Alquran, selagi masih bisa diperbaiki maka perbaiki, jika tidak bisa maka dimasukkan ke dalam tempat yang mulia

“Jika kita menemukan kertas atau apapun mushaf alquran yang sudah robek, sudah lama dimakan rayap, maka satu, langkah pertama yang kita upayakan adalah selagi masih bisa dimuliakan, diperbaiki sampai bisa dibaca dan dimuliakan di tempat yang mulia,

"walaupun lembarannya sudah tidak karu-karuan, kalau taruh di atas bakalan terbang lagi- terbang lagi, maka jagalah kalimat -kalimat mulia itu jangan sampai terinjak, jangan pula dibuang di tempat sampah, membuangnya saja haram bahkan niat menghinakan murtad keluar dari iman,” kata Buya dalam ceramahnya di youtube Al Bahjah TV, dikutip Suaramerdeka-jakarta pada Selasa (24/1).

Buya menyarankan, agar seluruh jamaah pengajiannya memiliki satu tempat khusus untuk menaruh kertas-kertas yang sobek yang di dalamnya terdapat ayat-ayat Alquran. Tempat khusus itu tidak boleh bercampur dengan sampah yang lain

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Doa agar Rezeki Lancar dan Berkah

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:36 WIB

Bacaan Sholawat Nabi yang Mudah Dihafal dan Diamalkan

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:37 WIB

Masjid Sheikh Zayed Simbol Persaudaraan Antar-Bangsa

Sabtu, 19 November 2022 | 15:07 WIB

Umat Islam Harus Teladani Kehidupan Rasulullah SAW

Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:32 WIB
X