Asyiknya Jual-Beli Di Dunia Digital

- Jumat, 8 April 2022 | 11:49 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan kementerian, lembaga dan ekosistem digital untuk mendorong agar pelaku UMKM bisa berjualan di platform digital (Foto: Dokumentasi NGOBRAS)
Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan kementerian, lembaga dan ekosistem digital untuk mendorong agar pelaku UMKM bisa berjualan di platform digital (Foto: Dokumentasi NGOBRAS)

 


JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Pemerintah membantu dan melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa terlibat aktif dalam pembangunan ekonomi digital Indonesia.

Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan kementerian, lembaga dan ekosistem digital untuk mendorong agar pelaku UMKM bisa berjualan di platform digital.

Kalau berbicara mengenai industri ini memang tidak semata membicarakan jual beli barang dan jasa via internet. Tetapi ada industri lain yang terhubung di dalamnya.

Seperti penyediaan jasa layanan antar atau logistik, provider telekomunikasi, produsen perangkat pintar, dan lain-lain. Hal inilah yang membuat industri e-commerce harus dikawal agar mampu mendorong laju perekonomian nasional, mengingat bisnis ini memiliki nilai bisnis yang sangat besar.

Baca Juga: Ini 7 Nama Petinggi Otoritas Jasa Keuangan(OJK) Pilihan DPR

“Sebagaimana perdagangan yang dilakukan secara langsung atau face to face. Dalam E-Commerce juga meliputi proses promosi, pembelian, dan pemasaran produk.

" Aktivitas E-Commerce adalah suatu penerapan dari E- business atau bisnis elektronik. Yang mana berhubungan dengan kegiatan transaksi komersial," Ujar R.Imran Ami selaku Anggota Komisi 1 DPR RI pada Webinar NGOBRAS, (6/4)

Pemerintah saat ini bukan hanya sebagai regulator atau pembuat kebijakan saja, namun fungsi dari pemerintah semakin meluas dengan menjadi fasilitator hingga katalisator untuk mendukung ekosistem percepatan transformasi digital tersebut.

“Kominfo berperan sebagai regulator, fasilitator, dan akselerator di bidang digital Indonesia.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pakar Udinus Nilai Bjorka Cuma Hacker Lokal

Senin, 12 September 2022 | 11:28 WIB

Utut Adianto: Kemajuan Internet Telah Mengubah Dunia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:47 WIB

Penting Untuk Hadirkan Pancasila di Ruang Digital

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:07 WIB

Indonesia Masuki Fase Kedaulatan Digital

Rabu, 8 Juni 2022 | 11:21 WIB

Asyiknya Jual-Beli Di Dunia Digital

Jumat, 8 April 2022 | 11:49 WIB

31,4 Persen Remaja Alami Kecanduan Internet

Selasa, 5 Oktober 2021 | 08:59 WIB
X