Masuk Zaman Peradaban Kreasi, Mahasiswa Dituntut Kreatif dan Inovatif

- Kamis, 19 Mei 2022 | 04:00 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate saat menyampaikan Keynote Speech Unpacking the Metaverse: Akselerasi Transformasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan yang berlangsung di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu (18/05/2022). (Biro Humas Kementerian Kominfo)
Menkominfo Johnny G. Plate saat menyampaikan Keynote Speech Unpacking the Metaverse: Akselerasi Transformasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan yang berlangsung di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu (18/05/2022). (Biro Humas Kementerian Kominfo)

YOGYAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengajak mahasiswa kreatif dan inovatif di Masa Peradaban Kreasi atau Age of Creations. Pasalnya, masa depan bukan hanya milik futurolog tapi juga milik semua orang yang memiliki mimpi dan bisa memanfaatkan teknologi terkini.

“There is nothing like a dream to create the future, begitulah Victor Hugo, seorang penyair klasik kebesaran Prancis mendeskripsikan pentingnya mimpi, visi, dan imajinasi dalam membentuk masa depan,” ujarnya saat menyampaikan Keynote Speech Unpacking the Metaverse: Akselerasi Transformasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan yang berlangsung di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu (18/05/2022).

Johnny G Plate menegaskan, masa depan akan menjadi milik semua orang yang mempunyai mimpi. Apalagi, saat ini dunia tengah berada di antara dua masa peradaban, yakni Masa Peradaban Ekstraksi (The Age of Extraction) yang akan ditinggalkan, dan Masa Peradaban Kreasi (The Age of Creation) yang akan menjelang.

Baca Juga: Kementerian Kominfo Pastikan Indonesia Tak Tertinggal dalam Perkembangan Metaverse

Menurut dia. Masa Peradaban Kreasi ditandai dengan perubahan kecenderungan untuk melakukan terobosan, dimana semula dilakukan dengan melakukan ekspansi geografis, menjadi mengandalkan peningkatan kemampuan teknologi, di antaranya dengan teknologi kunci artificial intelligence, precision biology, internet-of-things (IoT), blockchain, dan additive manufacturing.

Selain itu, Masa Peradaban Kreasi mendasarkan pada sistem produksi yang terdesentralisasi, menghasilkan karakteristik infinite returns dan near-infinite supply. Salah satu teknologi yang akan berkembang adalah Metaverse.

Menkominfo mengungkapkan, teknologi itu akan menjadi salah satu bentuk kreasi idea from the scratch dalam The Age of Creation ini. Namun demikian, Menteri Johnny mengingatkan agar kreator dapat mempertimbangkan moral dan nilai yang berlaku di kalangan masyarakat Indonesia.***

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Asus Hadirkan PC Desktop Gaming Kelas Hardcore

Kamis, 29 September 2022 | 23:18 WIB

DPR Bangun PLTS Bagian Komitmen Selamatkan Bumi

Kamis, 29 September 2022 | 16:53 WIB

Magic Room, Fitur Unggulan Kulkas Dua Pintu AQUA Japan

Selasa, 27 September 2022 | 15:16 WIB
X