Indonesia Masuki Fase Kedaulatan Digital

- Rabu, 8 Juni 2022 | 11:21 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat menghadiri peringatan HUT ke-27 Telkomsel di Jakarta, Selasa (7/6).
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat menghadiri peringatan HUT ke-27 Telkomsel di Jakarta, Selasa (7/6).

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Indonesia saat ini telah memasuki fase kedaulatan digital. Yaitu setelah fase pertama proklamasi kemerdekaan dan fase kedua memperjuangkan kedaulatan maritim.

“Oleh karena itu, saya mendorong ekosistem komunikasi dan informatika memanfaatkan kedaulatan ruang digital untuk seluruh anak bangsa,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat menghadiri peringatan HUT ke-27 Telkomsel di Jakarta, Selasa (7/6).

Karena saat ini Indonesia memasuki perjuangan kedaulatan digital, tugas anak bangsa adalah jangan sampai terbentuk koloni-koloni digital baru. Dan semua pihak bertugas untuk memastikan digital space for the benefit for all.

“Tugas kita untuk memastikan kita berdaulat secara digital, demi faedah dan manfaat seluruh anak bangsa,” ujarnya. Dia juga mengajak semua ekosistem untuk merefleksikan fase perjuangan founding father bangsa Soekarno, Mohammad Hatta dan pendiri bangsa.

Khususnya dalam melawan koloni dan protektorat asing, untuk memproklamasikan kedaulatan politik Indonesia. Melalui perjuangan darah dan nyawa, perih pedih, kini semua pihak mempunyai tugas mengisinya.

“Yakni untuk mencapai cita-cita bernegara. Perjuangan kedaulatan negara tidak berhenti di masa proklamasi kemerdekaan,” tandasnya. Adapun Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, Indonesia akan memiliki potensi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Dimana ekonomi akan terus tumbuh 5 persen sampai tahun 2045. Indonesia juga akan menjadi negara ekonomi nomor empat terbesar di dunia kalau bicara ekonomi digital. Kalau pertumbuhan APBN kita nanti hanya satu setengah kali, maka ekonomi digital 8 kali lebih cepat.

“Sehingga di tahun 2030, akan muncul sebesar Rp 4.500 triliun dari ekonomi digital Indonesia. Karenanya, saya juga mengapresiasi Kementerian Kominfo dibawah kepemimpinan Johnny G. Plate,” tegasnya

“Sebab, Kementerian Kominfo terus memberikan dukungan kepada Kementerian BUMN. Yakni dalam rangka mewujudkan transformasi digital. Sejak awal Pak Johnny sangat mendukung transformasi yang ada di Kementerian BUMN,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

5G di Garis Terdepan Perubahan

Rabu, 26 Oktober 2022 | 08:52 WIB

Pakar Udinus Nilai Bjorka Cuma Hacker Lokal

Senin, 12 September 2022 | 11:28 WIB

Utut Adianto: Kemajuan Internet Telah Mengubah Dunia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:47 WIB

Penting Untuk Hadirkan Pancasila di Ruang Digital

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:07 WIB

Indonesia Masuki Fase Kedaulatan Digital

Rabu, 8 Juni 2022 | 11:21 WIB

Asyiknya Jual-Beli Di Dunia Digital

Jumat, 8 April 2022 | 11:49 WIB
X