Metaverse, Perjuangan Letakkan Kedaulatan Digital

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 17:38 WIB
Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang dalam acara Indonesia Menuju Era Metaverse oleh WIR Group di Jakarta, kemarin. ( )
Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang dalam acara Indonesia Menuju Era Metaverse oleh WIR Group di Jakarta, kemarin. ( )

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Upaya ekosistem industri digital dalam mempromosikan teknologi metaverse, tidak terlepas dari perjuangan meletakkan kedaulatan negara di era digital. Dimana saat ini Indonesia sedang memasuki sebuah fase penting dalam perjuangan kedaulatan, yakni kedaulatan digital.

“Atau kedaulatan di dunia maya, yang ditandai dengan artificial intelligence, virtual reality, augmented reality dan seterusnya,” kata Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang dalam acara Indonesia Menuju Era Metaverse oleh WIR Group di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, hadirnya kedaulatan digital tidak lain untuk memastikan tidak terbentuk koloni-koloni digital baru. Tugas pemerintah dan masyarakat juga harus memastikan ruang-ruang digital, digunakan untuk kepentingan bersama.

“Tugas kita, memastikan kita berdaulat secara digital demi faedah dan manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh anak-bangsa. Sebab, di sinilah juga masa depan kita, masa depan negeri ini,” ujarnya.

Dia menilai, salah satu bagian dari anak-bangsa yang telah dan sedang ikut dalam langkah perjuangan bersama untuk memastikan kedaulatan digital adalah WIR Group. Yakni melalui berbagai proyek metaverse di dalam negeri maupun di berbagai negara.

“WIR Group sebagai perusahaan teknologi digital anak-bangsa telah menunjukkan kemampuan dan potensi Indonesia di bidang teknologi digital kepada dunia. Jadi, menjaga kedaulatan digital, merupakan bagian dari upaya akselerasi transformasi digital nasional,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT WIR Asia Tbk Michael Budi mengapresiasi komitmen pemerintah melalui Kementerian Kominfo. Khususnya dalam mendukung perkembangan teknologi metaverse di Indonesia.

“Terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang selalu mendukung perusahaan kami, yang masih belajar dengan segala kekurangannya. Dengan dukungan dari Kominfo, sampai saat ini dan kami akan berjuang terus,” tegasnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus bergandengan tangan dan bersama-sama membangun sesuatu yang berbeda untuk Indonesia. Yakni dengan mengembangkan ekosistem teknologi digital.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Asus Hadirkan PC Desktop Gaming Kelas Hardcore

Kamis, 29 September 2022 | 23:18 WIB

DPR Bangun PLTS Bagian Komitmen Selamatkan Bumi

Kamis, 29 September 2022 | 16:53 WIB

Magic Room, Fitur Unggulan Kulkas Dua Pintu AQUA Japan

Selasa, 27 September 2022 | 15:16 WIB
X