Pengembangan Riset dan Inovasi di Indonesia Miliki Banyak Tantangan

- Rabu, 27 Juli 2022 | 23:01 WIB
Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT. (Dok. Pribadi)
Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT. (Dok. Pribadi)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Tantangan dalam pengembangan riset dan inovasi di Indonesia, dinilai masih banyak. Antara lain pentingnya penguatan pondasi kompetensi akademik lulusan.

"Yang mana seharusnya disertai dengan memberikan kesempatan dalam pengembangan talentanya," kata Rabu (27/7)," kata Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT., Rabu (27/7).

Selain itu juga penguatan fasilitasi layanan riset dan inovasi. Baik antar periset maupun litbang/perguruan tinggi.

"Juga diperlukan penguatan pengembangan kewirausahaan/start up bagi generasi muda. Hal itu untuk penguatan daya saing produk Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, tantangan lainnya adalah penguatan sinergi riset-inovasi antar periset. Kemudian, antar litbang/universitas serta dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) atau masyarakat.

"Sinergi antara perguruan tinggi dan DUDI melalui program Link and Match masih lemah. Hal itu karena belum dilaksanakan secara fundamental dan berkelanjutan," tandasnya.

Belum Sesuai
Akibatnya, lulusan yang dihasilkan belum sesuai dengan harapan pengguna atau industri. Padahal, peluang Indonesia memacu perkembangan riset dan inovasi di bidang teknologi, sangatlah besar.

"Hal itu karena negeri ini memiliki pasar yang sangat besar. Dimana jumlah penduduk mencapai 275,77 juta jiwa," tegasnya.

Secara otomatis, kata dia, kebutuhan berbagai jenis produk - baik dengan kandungan teknologi tinggi maupun rendah - sangat besar pula. Namun jika bangsa ini tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, maka mau tidak mau harus mengimpor.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Penjualan Perdana POCO C40 #SiPalingSejutaan Ludes

Kamis, 15 September 2022 | 08:45 WIB

5 Cara Bikin Puas Streaming Film dan Series

Senin, 12 September 2022 | 20:03 WIB
X