Kemenkominfo Gelar Webinar Makin Cakap Digital 2022: ‘Literasi Digital Kunci Sukses Merdeka Belajar’ di Solo

- Rabu, 27 Juli 2022 | 23:40 WIB
Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan kegiatan webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema ‘Literasi Digital sebagai Kunci Sukses Merdeka Belajar’ bagi para guru dan siswa di Solo (Foto: dok Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi )
Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan kegiatan webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema ‘Literasi Digital sebagai Kunci Sukses Merdeka Belajar’ bagi para guru dan siswa di Solo (Foto: dok Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi )

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan kegiatan webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema ‘Literasi Digital sebagai Kunci Sukses Merdeka Belajar’ bagi para guru dan siswa di Solo.

Webinar ini berlangsung pada awal pekan ini dengan melibatkan guru dan siswa di Solo sebagai audiens via online.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Ryan Anggara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai bagaimana cara berliterasi digital yang baik dan benar.

Menurut Digital Civility Index (Indeks Keadaban Digital) yang diukur oleh Microsoft, Indonesia berada pada tingkat ke-29 dari 32 negara.

Baca Juga: Pengembangan Riset dan Inovasi di Indonesia Miliki Banyak Tantangan

Selanjutnya, berdasarkan UNESCO, Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara soal literasi dunia dengan minat baca sangat rendah sebesar 0,001 persen, atau hanya 1 dari 1.000 orang Indonesia yang rajin membaca.

Dengan begitu, minat baca masyarakat saat tergolong memprihatinkan. Oleh karena itu Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar ini dalam menstimulus kesuksesan merdeka belajar terutama bagi para guru dan siswa.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. “Diperlukan kolaborasi yang baik, agar literasi masyarakat yang tertinggal dapat diproses di percepatan transformasi digital ini,” ujar Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

Semuel menambahkan bahwa memang benar para guru dan siswa perlu melakukan percepatan transformasi digital dengan berliterasi digital pada era sekarang ini.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pakar Udinus Nilai Bjorka Cuma Hacker Lokal

Senin, 12 September 2022 | 11:28 WIB

Utut Adianto: Kemajuan Internet Telah Mengubah Dunia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:47 WIB

Penting Untuk Hadirkan Pancasila di Ruang Digital

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:07 WIB

Indonesia Masuki Fase Kedaulatan Digital

Rabu, 8 Juni 2022 | 11:21 WIB

Asyiknya Jual-Beli Di Dunia Digital

Jumat, 8 April 2022 | 11:49 WIB

31,4 Persen Remaja Alami Kecanduan Internet

Selasa, 5 Oktober 2021 | 08:59 WIB
X