Penting Untuk Hadirkan Pancasila di Ruang Digital

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:07 WIB

 

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Ruang digital merupakan ruang publik dan sebagai ruang public, ruang digital dapat digunakan sebagai sarana ber-ekspresi. Akan tetapi, sebagai ruang public, perlu dijaga dan dirawat dan perlu literasi digital agar ruang digital tidak dijadikan sebagai sarana anarkisme.

Di ruang digital, perlu diwaspadai dan dihindari paham fanatisme buta yang mengajarkan seseorang untuk mencintai kelompoknya secara berlebihan. Mereka akan memusuhi kelompok yang berbeda budaya, suku, dan benci keberagaman.

"Jangan berkampanye di ruang digital bahwa diri dan kelompoknya yang paling benar dan orang lain salah. Kalau ini dilakukan berarti menghiananti keberagaman," kata Dr. Afdal Makkuraga Putra, M.Si, Dosen Dosen Universitas Mercu Buana, Jakarta pada Webinar Ngobrol Bareng Legislator, Rabu,20 Juli 2022.

Baca Juga: Pidato di Gedung Nusantara, Jokowi Kenakan Baju Paksian Asal Bangka Belitung

Hadir sebagai pembicara Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI dan juga Ketua Fraksi PDIP Drs. Utut Adianto, Direktur Jenderal Aptika Kemkominfo Semuel A. Pangerapan, BSc dan Anggota DPRD Kabupaten Kebumen N Dwi Alhadi, S.Kom.

Pada Webinar dengan tema Saling Menghormati dan Menghargai Keberagaman di Media Sosial itu, Afdhal menjelaskan kecerdasan kewargaan menjadi salah suatu keniscayaan yang harus dirawat di era kemajuan digital saat ini.

Diperlukan keberanian untuk mengubah mindset, mengubah kehidupan yang berkelindan dimensi local, nasional dan global dengan membuka alam pikiran yang pikiran luas, tindakan dan kebiasaan serta karakter yang menghargai keberagaman.

Baca Juga: Super, Meski Lenny Hartono Hanya Jebolan Kelas 1 SMP, Tetap Sukses Sebagai Pengusaha

"Warga perlu menjadi pelopor dan inovator dalam memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan diawali membangun karakter positif yang mandiri, cinta kebangsaan, kemanusiaan dan kemajuan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5G di Garis Terdepan Perubahan

Rabu, 26 Oktober 2022 | 08:52 WIB

Pakar Udinus Nilai Bjorka Cuma Hacker Lokal

Senin, 12 September 2022 | 11:28 WIB

Utut Adianto: Kemajuan Internet Telah Mengubah Dunia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:47 WIB

Penting Untuk Hadirkan Pancasila di Ruang Digital

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:07 WIB

Indonesia Masuki Fase Kedaulatan Digital

Rabu, 8 Juni 2022 | 11:21 WIB

Asyiknya Jual-Beli Di Dunia Digital

Jumat, 8 April 2022 | 11:49 WIB
X