Utut Adianto: Kemajuan Internet Telah Mengubah Dunia

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:47 WIB
Utut Adianto (kiri) sebagai pembicara di Webinar Ngobrol Bareng Legislator (Dok: Ngobrol Bareng Legislator)
Utut Adianto (kiri) sebagai pembicara di Webinar Ngobrol Bareng Legislator (Dok: Ngobrol Bareng Legislator)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Saat ini kita hidup di zaman yang cepat berubah yang jauh berbeda dengan zaman 10 atau 15 tahun yang lalu dimana era digital ini, telah terjadi pergeseran nilai-nilai sosial budaya di tengah masyarakat kita yang harus disikapi dengan bijaksana.

"Orang dulu kalau berkata bohong, merasa malunya luar biasa. Tetapi di zaman era digital ini, kebohongan itu bagian dari permainan atau part of the game. Ini yang menurut hemat saya harus diperbaiki," kata Utut Adiando, Wakil Ketua Komisi I DPR RI pada Webinar Ngobrol Bareng Legislator, Rabu,27 Juli 2022 hasil kerjasama Ditjen Aptika Kemkominfo dan Komisi I DPR RI.

Selain Grand Master Catur Indonesia, Webinar tersebut juga menghadirkan Direktur Jenderal Aptika Kemkominfo Semuel A. Pangerapan, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kab. Banjarnegara Wachyu Hidayat dan Pendidik & Peneliti bidang Komunikasi Pasca Sarjana Universitas Sahid Jakarta Dr. Gloria Angelita, M,Si., S.Pd.

Baca Juga: Journalist Writing Competition Filosofi Eka Tjipta Widjaja untuk Indonesia, from Zero to Hero

Pada Webinar dengan tema Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa melalui Literasi Digital, Utut menjelaskan salah satu cara untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di ruang digital adalah dengan tidak membuat hoaks atau berita bohong.

Dia menambahkan kemajuan internet dan dunia digital telah mengubah dunia. Dia mencontohkan bagaimana mudahnya ia mendapatkan buku catur yang dipesan dari Amazone USA hanya dengan mambayar menggunakan kartu kredit. Setelah beberapa hari proses pengiriman, buku tersebut sudah bisa diterima di Indonesia.

Namun, katanya, perubahan di era digital ini jika tanpa disertai dengan karakter kehidupan berbangsa yang kuat, integritas berbangsa yang kuat dan moralitas berbangsa sangat kuat, akan menjadi tidak mudah, khususnya dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. "Pengguna media sosial dalam kehidupan sehari-hari agar sangat berhati-hati," katanya.

Baca Juga: Lola Amaria Putar Ulang Film Labuan Hati di Canggu Bali.

Pendidik & Peneliti bidang Komunikasi Pasca Sarjana Universitas Sahid Jakarta Dr. Gloria Angelita, M,Si., S.Pd mengatakan era digital merupakan suatu kondsi kehidupan yang seluruh kegiatannya dan aktivitas manusia didukung serta dipermudah dengan kehadiran teknologi yang serba canggih, kehadiran teknologi kekinian ini untuk menggantikan teknologi masa lalu, agar dapat menjawab permasalahan masa kini dan mendatang.

Menurut dia, mesin dan teknologi informasi telah menggeser peran manusia. Pekerjaan yang tidak membutuhkan diskresi, kreativitas dan sentuhan hubungan manusia akan dilakukan oleh mesin atau TI. "Manusua fokus pada daya cipta atau innovasi, keterampilan komunikasi, pembuatan keputusan dan mengendalikan serta memanfaatkan teknologi," katanya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5G di Garis Terdepan Perubahan

Rabu, 26 Oktober 2022 | 08:52 WIB

Pakar Udinus Nilai Bjorka Cuma Hacker Lokal

Senin, 12 September 2022 | 11:28 WIB

Utut Adianto: Kemajuan Internet Telah Mengubah Dunia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:47 WIB

Penting Untuk Hadirkan Pancasila di Ruang Digital

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:07 WIB

Indonesia Masuki Fase Kedaulatan Digital

Rabu, 8 Juni 2022 | 11:21 WIB

Asyiknya Jual-Beli Di Dunia Digital

Jumat, 8 April 2022 | 11:49 WIB
X