Migrasi ke Era Digital dengan STB

- Kamis, 26 Januari 2023 | 21:03 WIB

 

JAKARTA,suaramerdeka.jakarta.com - Digitalisasi tak bisa dielakan termasuk dunia broadcast. Tak aneh kalau pada akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan mematikan siaran televisi analog (analog switch off/ASO) di Tanah Air. Bahkan Jabodetabek telah lebih dulu bermigrasi dari analog ke siaran digital, sejak 2 November 2022 lalu.

Konsekuensinya, masyarakat yang ingin menonton siaran televisi harus bermigrasi ke siaran digital. Persoalannya adalah, belum semua televisi masyarakat itu digital. Solusinya, buat masyarakat yang televisinya belum digital, dibutuhkan dekoder dan receiver yang sekarang dikenal dengan sebutan Set-top box (STB).

Masyarakat pun berbondong-bondong memburu STB untuk kebutuhan menonton siaran televisi. Namun, kebutuhan masyarakat tak sebanding dengan ketersediaan alat STB ini. Pada akhirnya STB dijual dengan harga tinggi dengan kualitas seadanya dan tanpa garansi.

Baca Juga: Pondasi Perekonomian Masih Kuat, Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi 5,3 Persen Tercapai

Nextron, sebagai salah satu dari 10 merk STB yang direkomendasikan pemerintah, mulai menyediakan kebutuhan masyarakat, dengan produk yang berkualitas dan bergaransi.

Direktur Utama PT Nextron Technology Indonesia Firdhos Fauzi menyebutkan, Nextron memberikan STB yang berkualitas terbaik. " Kami himbau agar masyarakat tidak sembarangan memilih STB karena yang berkualitas buruk. Sedangkan Nextron memberi garansi satu tahun, karena STB ini diproduksi di Indonesia," ujar Firdhos saat awak media mengunjungi pabrik Nextron di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (25/1).

Menurut Firdhos, Nextron ini adalah satu-satunya STB yang diproduksi di Indonesia, meskipun chipset-nya impor. Dengan diproduksi di Indonesia, Nextron akan memberi garansi riil, selama setahun kepada masyarakat yang membeli STB. "Jika STB rusak atau adaptor yang rusak, remote-nya rusak, akan diganti dan berlaku selama setahun itu," jelas Firdhos.

Baca Juga: Film Kiko In the Deep Sea Siap Edar 23 Februari 2023

Pihak Nextron pun menghimbau, sebaiknya masyarakat segera membeli STB Nextron karena kualitasnya yang sangat baik. Apalagi ada beberapa kelebihan dari STB merk Nextron dibanding yang lainnya. Pertama, jumlah siaran channel-nya lebih banyak dengan STB TV digital lainnya. Kedua, gambarnya menjadi jernih, suaranya menjadi bening.

"TV zaman dahulu yang bertipe tabung pun akan menjelma menjadi Smart TV yang keren, bagus sekali dengan STB Nextron ini. Jika masyarakat memiliki WiFi dan membeli dongle WiFi, nanti bisa digunakan untuk melihat YouTube, Tiktok, dan sebagainya," urai Firdhos.

Dikesempatan yang sama, CEO Nextron Indonesia Lee Ki Sou menjelaskan, ketahanan STB Nextron telah diuji dengan baik. "STB Nextron diuji selama 72 jam menyala, di bawah suhu 35-40 derajat celcius. Jadi STB Nextron telah lolos uji soal ketahanannya dan aman untuk digunakan oleh masyarakat."

Baca Juga: Bank DKI Borong 11 Penghargaan di Corporate Reputation Awards 2023

Fidhos menambahkan, masyarakat perlu diberikan edukasi dan sosialisasi dengan baik, terutama golongan masyarakat menengah ke bawah. STB Nextron ini jelas dan jaminan garansi riil. Kualitas di atas rata-rata, hasil uji lapangan kualitas STB Nextron ini jauh di atas STB lain yang ada di Indonesia," pungkas Firdhos

***

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Migrasi ke Era Digital dengan STB

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:03 WIB

Aset Kripto Milik LINE, LINK, Bergabung dengan Huobi

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 10:56 WIB

#IniWaktunyaKita, Semangat Tri untuk Generasi Z

Sabtu, 3 September 2022 | 18:51 WIB
X